Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Menteri PUPR Sebut Stadion GBK tak Direnovasi

Senin 28 Nov 2022 14:01 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Foto: Kementerian PUPR
Pernyataan Basuki membantah Menpora soal penggunaan GBK oleh relawan Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya tak merencanakan renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk Piala Dunia U20 pada Mei 2023. Renovasi hanya dilakukan untuk stadion lainnya, seperti Stadion Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

“GBK enggak ada renovasinya. Yang untuk stadion lainnya, bukan GBK,” ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Ia pun memastikan tak menyusun program renovasi untuk Stadion GBK. Sedangkan renovasi di stadion lainnya sudah dimulai. “Enggak ada program (renovasi) itu,” tambahnya.

Terkait penggunaan Stadion Utama GBK untuk acara relawan Jokowi, yakni Gerakan Nusantara Satu, Basuki tak menutup kemungkinan akan dilakukan renovasi jika memang ada kerusakan yang diakibatkan. “Ya kecuali nanti kalau ada akibat dari kemarin ya mungkin. Tapi yang selama ini yang kita survei yang di luar, yang Jaka Baring, Manahan, Wayan Dipta, Jalak Harupat. GBK enggak ada (kerusakan),” ujar Basuki.

Pernyataan Basuki tersebut berbeda dengan penjelasan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali. Menjelaskan penggunaan Stadion Utama GBK untuk acara relawan Jokowi, Zainuddin beralasan bisa dilakukan karena proses renovasi belum dimulai.

“Jadi kalau teman-teman memperhatikan apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada Blackpink dan lainnya, saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai. Renovasi itu ditandai oleh tim dari PUPR masuk ke GBK, ke Jalak Harupat, Manahan Solo, GBT Surabaya, Wayan Dipta Bali, Jakabaring Palembang, kalau mereka sudah masuk,” kata Zainuddin.

Ia menjelaskan, proses renovasi ditandai dengan masuknya tim Kementerian PUPR di Stadion GBK. Selain itu, ia juga memastikan, penggunaan Stadion GBK dikomunikasikan dengan FIFA. Zainuddin menyebut, renovasi Stadion GBK baru akan dimulai pada awal Desember nanti.

“Nah sampai dengan selesainya event itu enggak boleh digunakan. Yang kemarin (acara relawan Jokowi) kan PU-nya belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu saja, dan GBK berkomunikasi dengan FIFA. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah enggak boleh lagi,” ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA