Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Riset Evermos: Potensi Hijab Lokal Bangkitkan Ekonomi Nasional

Senin 28 Nov 2022 13:34 WIB

Red: Agung Sasongko

Survei Evermos menyebut potenso hijab terhadap ekonomi nasional.

Survei Evermos menyebut potenso hijab terhadap ekonomi nasional.

Foto: istimewa
Proses pembuatan selembar hijab melibatkan banyak elemen masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Artikel Hijab Evermos" menjadi salah satu topik yang banyak dibahas pengguna Twitter. Artikel berbasis riset yang dirilis di World Economic Forum (WEF) tersebut menunjukkan data transaksi hijab di Indonesia mencapai 1 miliar lembar per tahun atau setara dengan lebih dari Rp 91 triliun. Namun, hanya 25% yang berasal dari produksi lokal, suatu potensi besar untuk ekonomi nasional yang belum dioptimalkan.

Berdasarkan data demografi dari Kementerian Dalam Negeri, sebesar 86,9% dari sekitar 273 juta jiwa penduduk Indonesia beragama islam. Raymond Chin, CEO & Founder Ternakuang, mengatakan saat membahas artikel yang sama di dalam unggahannya, "Market syariah ini sleeping giant. Potensinya besar sekali, tapi belum dimaksimalkan oleh para pebisnis pelaku UMKM di Indonesia"

Baca Juga

Ghufron Mustaqim, CEO & Co-Founder Evermos, mengungkap kontribusi social commerce terhadap ekonomi Indonesia mencapai $12 miliar. "Evermos sebagai social commerce nomor satu di Indonesia saat ini, tentu kita ingin senantiasa memperbesar kontribusi kami dalam perekonomian nasional, membantu menjualkan produk-produk halal brand lokal melalui jaringan reseller kami," paparnya dalam keterangan persnya, Senin (28/11/2022).

Mengangkat potensi hijab lokal lebih lanjut, Evermos bekerja sama dengan Produser ternama Hanung Bramantyo baru saja meluncurkan sebuah film dokumenter pendek. Film ini mengangkat kisah-kisah para pelaku industri hijab di dalam negeri. Mulai dari pebisnis, pelaku UMKM, perancang busana, pemotong kain, penjahit, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan sudut pandangnya pada film berdurasi kurang dari 25 menit tersebut. Film dapat diakses secara bebas di channel YouTube Evermos atau melalui tautan https://evermos.info/FilmHijabLokal .

Industri Hijab

Di samping potensi hijab lokal secara makro, Artikel Hijab Evermos juga menggalinya lebih dalam secara mikro. Proses pembuatan selembar hijab terkesan sederhana, namun sebetulnya melalui beberapa tahap yang teliti dan melibatkan banyak elemen masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA