Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Lawrence Wong Perkuat Posisi Sebagai Calon PM Singapura

Senin 28 Nov 2022 07:28 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Lawrence Wong kini menjabat sebagai deputi Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat

Lawrence Wong kini menjabat sebagai deputi Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat

Foto: EPA-EFE/SONNY TUMBELAKA
Lawrence Wong kini menjabat sebagai deputi Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Deputi Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong menerima jabatan tinggi di partai berkuasa, Ahad (27/11/2022). Ini akan menguatkan posisinya sebagai calon perdana menteri Singapura berikutnya.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang juga sekretaris jenderal Partai Aksi Rakyat (PAP) yang telah berkuasa sejak Singapura merdeka pada 1965 mengumumkan Wong yang berusia 49 tahun sebagai penggantinya.

Baca Juga

Dalam pengumuman tentang jabatan baru partai PAP mengatakan Wong kini menjabat sebagai deputi sekretaris Jenderal.

Lee Hsien Loong yang berusia 70 tahun merupakan putra Lee Kuan Yew. Pemimpin kemerdekaan dan tokoh dominan Singapura selama setengah abad.

Sebelumnya Lee Hsien Loong mengatakan Wong akan menjadi penggantinya sebelum pemilihan umum berikutnya yang dijadwalkan pada 2025.

Menteri pembangunan nasional, Desmond Lee dan Menteri Pendidikan Chan Chun Sing juga ditunjuk sebagai asisten sekretaris jenderal. Pengamat mengatakan ini artinya dua orang itu dapat menjadi tangan kanan pemimpin berikutnya.

"Terdapat peluang bagus dua orang itu akan menjadi deputi perdana menteri (di masa depan)," kata asisten profesor Walid Jumblatt Bin Abdullah dari Nanyang Technological University.

Walid mengatakan pengumuman ini tampaknya tidak berdampak pada pasar atau bisnis. "Partai masih ada, partai ini masih partai yang sama, ideologi yang sama dan orang yang sama," katanya.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA