Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Mesir akan Resmikan 46 Masjid Baru

Senin 28 Nov 2022 07:35 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Abu Ghanam di kota Bila Kegubernuran Kafr El Sheikh, Mesir rawan ambruk. Masjid itu dibangun lebih dari 740 tahun yang lalu dan belum pernah direnovasi. Mesir akan Resmikan 46 Masjid Baru

Masjid Abu Ghanam di kota Bila Kegubernuran Kafr El Sheikh, Mesir rawan ambruk. Masjid itu dibangun lebih dari 740 tahun yang lalu dan belum pernah direnovasi. Mesir akan Resmikan 46 Masjid Baru

Foto: Iqna
Mesir memulai pekerjaan pemeliharaan dan renovasi di Masjid Al Sayeda Zainab.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kementerian Wakaf Mesir mengumumkan mereka akan meresmikan 46 masjid baru yang tersebar di 11 gubernuran. Ini menunjukkan dengan peresmian mendatang, jumlah masjid yang telah dibangun atau direnovasi sejak 1 Juli sebanyak 351 masjid, itu di samping 79 masjid lainnya yang menjalani pemeliharaan.

 

Baca Juga

Seperti dilansir Egypt Today, Senin (28/11/2022), otoritas Mesir memulai pekerjaan pemeliharaan dan renovasi pada April di Masjid Al Sayeda Zainab yang bersejarah dan sakral. Renovasi dilakukan atas arahan Presiden Abdel Fattah al Sisi untuk merenovasi tempat suci masjid bersejarah, termasuk aula interior masjid, dan dekorasi arsitekturnya.

Pekerjaan renovasi, yang diperkirakan akan dimulai dalam beberapa hari juga akan mencakup bangunan di sekitarnya dan seluruh lingkungan. Semua tanda toko yang mengelilingi Masjid di lingkungan Al Sayeda Zainab diharapkan disatukan karena jalan tersebut akan dikembangkan agar mirip dengan jalan wisata Khan Al Khalil.

Masjid Al Sayeda Zainab adalah salah satu masjid terpenting dan bersejarah di Kairo. Penamaan masjid untuk menghormati Al Sayeda Zaynab bint Ali, salah satu putri Imam Ali, Khalifah keempat, dan suami Fatimah, putri nabi Muhammad SAW. Namun, tidak ada catatan akurat kapan masjid ini dibangun di atas makam Al Sayeda Zaynab.

 

Sebelumnya pada Maret, Kementerian Wakaf Mesir memutuskan menutup Masjid Imam Hussein di Kegubernuran Kairo Lama untuk pekerjaan restorasi dan pemeliharaan menjelang bulan suci Ramadhan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA