Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Juara Hackathon Sahabat Ganjar, Unikom Bandung Sabet Hadiah Utama

Senin 28 Nov 2022 05:43 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Tiga mahasiswa yang merupakan tim dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dinobatkan sebagai juara Hackathon Saga, Ahad (27/11/2022).

Tiga mahasiswa yang merupakan tim dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dinobatkan sebagai juara Hackathon Saga, Ahad (27/11/2022).

Foto: Dok. Web
Para peserta menampilkan prototipe terbaik mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BANDUNG – Generasi muda menjadi agen penting dalam mengoptimalkan peran penentu masa depan bangsa dengan aktif menjawab permasalahan sosial dan lingkungan. Salah satunya adalah permasalahan di era society 5.0 yang diangkat oleh Sahabat Ganjar dengan menyelenggarakan kegiatan Hackathon di Prime Park Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Ahad (27/11/2022).

Peserta yang hadir dari berbagai wilayah ini mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sahabat Ganjar. Kegiatan ini juga memfasilitasi peserta dengan seminar bertemakan “Building and Empowering Indonesia” yang diisi oleh pemateri berkompeten.

Baca Juga

Para peserta dalam kegiatan ini juga menampilkan prototipe dan presentasinya akan isu-isu yang telah didiskusikan. Maka terpilih juara dengan protoipe terbaik yaitu juara pertama Universitas Komputer Indonesia, juara kedua Universitas Indonesia, dan juara ketiga Universitas Pertahanan Republik Indonesia. 

Tidak tanggung-tanggung, Sahabat Ganjar pada kegiatan ini juga telah menyiapkan hadiah apresiasi bagi prototipe mobile app terbaik dengan memberikan Rp. 7.500 ribu, Laptop dan sertifikat untuk juara pertama. Juara kedua dan ketiga pada ajang ini juga dibekali hadiah uang pembinaan, laptop serta sertifikat pendukung lainnya dalam mengembangkan inovasi anak bangsa.

Perwakilan dari DPW Jawa Barat Kamila, menyampaikan bahwa ide menyelenggarakan kegiatan ini merupakan datang dari semangat Ganjar Pranowo yang aktif menumbuhkan peran generasi muda dan inovasi teknologi untuk masa mendatang.

“Pak Ganjar banyak program tentang mobil listrik, kegiatan ini juga sejalan akan semangat beliau dengan mengembangkan dunia IPTEK kedepannya. Harapan kami semoga dengan kegiatan ini dapat melahirkan generasi baru yang akan lebih mencerdaskan bangsa sesuai UUD 1945” ujar Kamila. 

"Tujuan kegiatan ini merupakan upaya Sahabat Ganjar dalam menciptakan peluang generasi muda untuk berperan aktif menjadi agen penting dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau biasa disebut Sustainable Development Goals (SDGs) di era society 5.0. Dimana pada era ini teknologi menjadi komponen penting dalam menunjang dan menjawab persoalan kehidupan," kata dia menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA