Senin , 28 Nov 2022, 04:07 WIB

Livescore; Jerman Bermain Imbang 1-1 Melawan Spanyol

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Bayu Hermawan
Pemain timnas Spanyol Sergio Busquets (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Jerman Ilkay Guendogan (kiri) pada pertandingan kedua fase Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Senin (28/11) dini hari WIB
Foto EPA-EFE

Pemain timnas Spanyol Sergio Busquets (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Jerman Ilkay Guendogan (kiri) pada pertandingan kedua fase Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Senin (28/11) dini hari WIB

Jerman bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, AL KHOR -- Jerman dan Spanyol akhirnya harus rela berbagi poin kala saling berhadapan di laga keempat penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Senin (26/11) dini hari WIB. Alvaro Morata dan Nicklas Fullburg menjadi pemecah kebuntuan buat masing-masing tim dalam laga di Stadion Al Bayt, Al Khor tersebut.

Dengan hasil ini, Spanyol memimpin klasemen sementara Grup E dengan raihan empat poin. Sedangkan Jerman masih terpuruk di dasar klasemen dengan koleksi satu poin. Kendati begitu, dengan hanya selisih tiga poin antara peringkat teratas dan juru kunci klasemen sementara, persaingan sebagai wakil Grup E di babak 16 besar Qatar 2022 pun masih terbuka lebar.

Baca Juga

Penentuan dua posisi teratas klasemen akhir Grup E pun akan ditentukan di putaran terakhir, tepatnya saat Jerman akan menghadapi Kosta Rika dan Spanyol akan berduel dengan Jepang.

Spanyol langsung tampil menekan dan mengambil alih kendali permainan. Dengan menerapkan garis pertahanan yang cukup tinggi, La Furia Roja mengepung pertahanan Die Manschaft dan menguasai lapangan tengah. Performa Gavi dan Pedri terlihat begitu solid dan tampil dinamis.

Dengan situasi tersebut, Spanyol mampu mencatatkan peluang pertama di laga ini, tepatnya pada menit ketujuh. Mendapatkan celah di depan kotak penalti Jerman, Dani Olmo langsung melepaskan sepakan terarah ke gawang. Kiper Jerman, Manuel Neuer, mampu menepis bola sepakan Olmo tersebut. Bola sempat membentur mistar gawang sebelum akhirnya terpantul ke luar lapangan.

Jerman secara perlahan mulai megimbangi permainan Spanyol, terutama di lini tengah. Kampiun Piala Dunia 2010 itu bukan tanpa peluang. Namun, dua tembakan yang dilepaskan para penggawa Jerman saat laga telah memasuki pertengahan babak pertama masih belum mengarah ke gawang.

Die Manschaft sebenarnya mampu merobek gawang Spanyol pada menit ke-40. Antonio Rudiger berhasil menanduk bola hasil eksekusi tendangan bebas Joshua Kimmich dari sisi kiri pertahanan Spanyol.

Namun, gol tandukan bek tengah Real Madrid itu di depan mulut gawang Jerman dianulir wasit. Rudiger dinilai sudah berdiri dalam posisi offside saat Kimmich mulai menendang bola. Meski saling menekan dan menyerang, kedua tim gagal memecah kebuntuan dan mesti puas menutup babak pertama dengan skor imbang, tanpa gol.

Keputusan pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, memasukan penyerang tengah murni pada sembilan menit awal babak kedua berbuah maksimal. Spanyol, yang terlihat kesulitan menemukan sentuhan akhir serangan, sukses memecah kebuntuan via gol Alvaro Morata pada menit ke-62

Setelah lolos penjagaan Nicklas Sule, striker Atletico Madrid itu menyambar bola hasil umpan Jordi Alba. Bola hasil sontekan Morata, yang masuk menggantikan Ferran Torres itu, melewati Neuer dan membawa La Furia Roja unggul atas Die Manschaft.

Para penggawa Jerman merespon situasi ini dengan tampil lebih agresif. Anak-anak asuh Hansi Flick itu berusaha untuk terus menang dalam duel perebutan bola. Jamal Musiala mendapatkan peluang emas pada menit ke-73. Menerima umpan terobosan di sisi kanan kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper Spanyol, Unai Simon, winger Bayern Muenchen itu gagal memanfaatkan kesempatan itu.

Simon masih bisa menghalau bola hasil sepakan Musiala. Namun, Simon akhirnya harus rela memungut bola dari dalam gawangnya. Pada menit ke-83, Die Mannschaft mampu menyamakan kedudukan. Seperti halnya Spanyol, Jerman juga mencetak gol di laga ini lewat aksi pemain pengganti.

Nicklas Fullkrug, yang masuk menggantikan Thomas Muller, melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Penyerang Werder Bremen itu memanfaatkan bola yang sempat terlepas dari kendali Musiala kala berusaha melepaskan diri dari kepungan pemain bertahan Spanyol. Skor imbang, 1-1, akhirnya menjadi hasil dari laga ini.

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3)

Pelatih: Luis Enrique

Kiper: Simon

Belakang: Carvajal, Rodri, Laporte, Alba

Tengah: Gavi, Busquets, Pedri

Depan: Olmo, Asensio, Torres

Jerman

Pelatih: Hansi Flick

Kiper: Neuer

Belakang: Raum, Rudiger, Kehrer, Sule

Tengah: Goretzka, Kimmich, Gundogan

Depan: Musiala, Muller, Gnabry

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
jerman vs spanyol spanyol vs jerman piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya