Senin , 28 Nov 2022, 01:08 WIB

Livescore; Hantam Kanada 1-4, Kroasia Buka Peluang ke 16 Besar Piala Dunia

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Bayu Hermawan
Andrej Kramaric dari Kroasia merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup F Piala Dunia antara Kroasia dan Kanada, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Ahad, 27 November 2022.
Foto AP/Darko Vojinovic

Andrej Kramaric dari Kroasia merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup F Piala Dunia antara Kroasia dan Kanada, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Ahad, 27 November 2022.

Kroasia menang telak 4-1 atas Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Kroasia terbukti masih terlalu tangguh buat Kanada. Sempat tertinggal lebih dulu pada awal laga, runner-up Piala Dunia 2018 itu menutup laga dengan kemenangan, 4-1, atas Kanada dalam laga keempat penyisihan Grup F Piala Dunia 2022, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Kemenangan dari laga yang dihelat di Stadion Khalifa Internasional tersebut membawa Kroasia memimpin klasemen sementara Grup F. Meski memiliki poin yang sama, Vatreni, julukan Kroasia, unggul jumlah selisih gol dari Maroko, yang duduk di peringkat ketiga.

Baca Juga

Sementara buat Kanada, kekalahan ini memastikan akhir dari kiprah salah satu wakil CONCACAF itu di Qatar 2022. Menelan kekalahan di dua laga awal dan tinggal menyisakan satu laga sisa, Alphonse Davis dan kawan-kawan terpuruk di dasar klasemen sementara Grup F tanpa meraih satu poin pun.

Kanada sebenarnya mengawali laga ini dengan cukup impresif. Bola hasil tandukan Alphonso Davies di dalam kotak penalti menghunjam keras ke gawang Kroasia. Bek sayap Bayern Muenchen itu sukses memaksimalkan umpan lambing dari Tajon Buchanan dari sisi kiri pertahanan Kroasia.

Gol ini benar-benar mengejutkan lini pertahanan Vatreni, julukan Kroasia. Maklum, gol ini tercipta pada detik ke-120. Hingga hari ketujuh penyelenggaran Piala Dunia 2022, gol Davies ini menjadi gol tercepat di edisi perdana Piala Dunia di kawasan Timur Tengah tersebut.

Kendati begitu, unggul cepat tidak tidaklah cukup buat Kanada untuk bisa benar-benar bersaing dengan runner-up edisi terakhir Piala Dunia tersebut. Luka Modric dan kawan-kawan membuktikan ketenangan dan kemampuan teknik yang lebih baik. Pada menit ke-36, Andrej Kramaric melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti usai menerima sodoran umpan dari Ivan Perisic.

Bola sepakan Kramaric itu bersarang di pojok bawah kanan gawang Kanada sekaligus membawa Kroasia menyamakan kedudukan. Determinasi, keunggulan teknik, dan pengalaman akhirnya enjadi modal utama Kroasia untuk bisa berbalik unggul. Tepat pada menit ke-44, Marko Livaja merobek gawang Kanada via sepakan keras dari tepi kotak penalti. Babak pertama laga ini pun menjadi milik Vatreni.

Keunggulan Kroasia, terutama dalam kemampuan teknik dan struktur permainan, kembali terlihat pada babak kedua. Vatreni selalu mampu keluar dari tekanan Kanada. Pun saat membangun serangan. Kroasia terbukti lebih efekti dalam menebarkan ancaman. Dari delapan tembakan yang dilepaskan para penggawa Kroasia, enam sepakan tepat mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Kanada terlihat kesulitan untuk benar-benar mengancam gawang tim besutan Zlatko Dalic tersebut. Serangan Kanada kerap terhenti di depan kotak penalti Kroasia. Pada menit ke-70, Kroasia menggandakan keunggulan via gol Kramaric.

Penyerang berusia 31 tahun itu mencetak gol keduanya di laga ini usai menerima sodoran umpan dari Perisic, Sempat mengecoh satu pemain bertahan Kanada, penyerang Hoffenheim itu kemudian melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri bawah gawang tim besutan John Herdman tersebut.

Kroasia akhirnya benar-benar menegaskan keunggulan atas Kanada. Pada menit ketiga masa injury time, Kroasia mencetak gol keempat di laga ini via torehan Lovro Majer. Berawal dari keberhasilan Mislav Orsic merebut bola dari tengah lapangan, Lovro tinggal menyelesaikan serangan tersebut.

Susunan Pemain:

Kroasia (4-3-3) 

Kiper: Livakovic Belakang: Juranovic, Lovren, Grvardiol, Sosa Tengah: Modric, Brozovic, Kovacic Depan: Kramaric, Livaja, Perisic

Pelatih: Zlatko Dalic

Kanada (4-4-2) 

Kiper: Borjan Belakang: Laryea, Miller, Vitoria, Johnston Tengah: Davies, Estaquio, Hutchinson, Buchanan Depan: Larin, David

Pelatih: John Herdman 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
kroasia vs kanada kanada vs kroasia piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar piala dunia qatar 2022 world cup 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya