Senin 28 Nov 2022 00:27 WIB

Tite Akui Ikut Bertanggung Jawab Atas Cedera Neymar dan Danilo 

Pelatih Brasil Tite akui ikut bertanggung jawab atas cederanya Neymar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Neymar dari Brasil meraih pergelangan kakinya setelah cedera
Foto: Laurent Gillieron/Keystone via AP
Neymar dari Brasil meraih pergelangan kakinya setelah cedera

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Bintang Timnas Brasil, Neymar, dipastikan tidak akan tampil di dua laga sisa penyisihan Grup G Piala Dunia 2022. Bintang Paris Saint Germain (PSG) itu diketahui mengalami cedera enkel kanan kala tampil di laga perdana Selecao di Qatar 2022, kala membungkam Serbia, 2-0, Kamis (24/11) silam. 

Dalam laga tersebut, Neymar ditarik keluar dan digantikan Antony pada menit ke-80. Saat itu, pemain termahal sejagat itu diketahui mengalami cedera engkel pasca dilanggar oleh bek tengah Serbia, Nicola Milenkovic. Akibat cedera engkel kanan tersebut, Neymar tidak akan merumput kala Brasil berduel dengan Swiss di laga keempat penyisihan Grup G, Senin (28/11) malam WIB. 

Baca Juga

Pun dengan keraguan soal partisipasi pemain berusia 30 tahun itu di laga kontra Kamerun pada laga pamungkas penyisihan Grup G, tengah pekan depan. Pelatih Brasil, Tite, menilai, dirinya ikut memberikan andil dalam cedera yang dialami Neymar di laga kontra Serbia. Pelatih berusia 61 tahun itu terlambat dalam mengambil keputusan untuk menarik Neymar keluar dari partai tersebut. 

''Saya tidak tahu, seberapa besar sakit dan cedera yang dialami Neymar. Tidak ada informasi soal itu. Saya baru menariknya keluar setelah mengetahui kondisinya. Seharusnya, saya lebih cepat menarik keluar Neymar dan Danilo di laga tersebut,'' kata Tite seperti dikutip Gazzetta dello Sport, Ahad (27/11). 

Neymar memang bukan satu-satunya korban dari kemenangan Brasil atas Serbia. Danilo juga diketahui mengalami cedera engkel di laga tersebut. Seperti halnya Neymar, pemain bertahan Juventus itu juga kemungkinan besar absen di dua laga sisa penyisihan Grup G. Kondisi serupa juga sempat dialami Danilo di Piala Dunia 2018. 

Mengalami cedera engkel, Danilo hanya tampil di laga perdana Brasil di Rusia 2018. Neymar pun memiliki cerita yang sama. Cedera tulang punggung memaksanya menepi di semifinal Piala Dunia 2014, tepatnya saat Brasil menghadapi Jerman. 

Kendati begitu, Tite tetap optimis, Neymar dan Danilo masih bisa melanjutkan kiprahnya bersama Selecao di Piala Dunia 2022. ''Saya yakin, mereka masih bisa tampil di Piala Dunia 2022. Saya memang bukan orang yang tepat untuk membahassoal proses pemulihan cedera mereka. Namun, saya yakin, mereka masih berguna buat tim ini,'' ujar Tite. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement