Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Livin By Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Menyasar Sumatra, Bali, dan Sulawesi

Ahad 27 Nov 2022 22:13 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Aksi para peserta Livin by Mandiri 3x3 Tournament.

Aksi para peserta Livin by Mandiri 3x3 Tournament.

Foto: Dok. Tim Media SSS International
Namun belum ada gambaran utuh soal kualitas peserta, terutama di luar Pulau Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament bakal digelar lagi tahun depan. Direktur PT Supersport Sensation (SSS), Azwan Karim memastikan itu.

Perhelatan ini merupakan buah kerja sama SSS dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), disponsori oleh Bank Mandiri. Kali ini, masih terbatas di Pulau Jawa.

Dimulai dari Jabodetabek, menuju Jawa Barat (Bandung, Bogor), Jawa Tengah (Semarang), dan DIY Yogyakarta, kemudian Jawa Timur (Malang, Surabaya), ditutup dalam Grand Final di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta.

Saat ditemui di Citos, Azwan mengatakan, pihaknya berencana memperluas jaringan. Tentunya selalu berkoordinasi dengan Perbasi. SSS ingin kegiatan seperti ini menyentuh wilayah lain juga.

"Kami akan melanjutkan di kota yang baru. Sementara ada tiga kota yang menghubungi kami. Sumatra (Utara) di Medan, Sulawesi (Selatan) di Makassar, sama Bali," kata Azwan pada Ahad (27/11/2022).

Ajang ini terfokus pada kelompok U-18 serta U-23 putra dan putri. Kepala Bidang 3x3 PP Perbasi, Reni Dwi Candrawati, menginformasikan hal serupa. Kategori usia tetap dipertahankan.

Perluasannya di kelompok U-18. Ada wacana bakal dibuka untuk umum. Sehingga peserta yang ikut, tidak hanya mewakili sekolah. "Dia boleh main dengan tim, misal dari satu klub atau satu komunitas," ujar Reni.

Serupa dengan Azwan, Reni juga berharap turnamen tahun depan tidak hanya berlangsung di Pulau Jawa. Beberapa daerah lain juga disasar. Sehingga lebih banyak peserta yang mendapat kesempatan tampil.

Reni berharap turnamen berikutnya dibuat seperti liga. Namun perlu ada kajian lagi. Pasalnya, mereka belum mendapat gambaran utuh mengenai kualitas peserta, terutama di luar Pulau Jawa.

Jika dihitung sejak babak penyisihan hingga final, turnamen yang disponsori oleh Bank Mandiri ini diikuti oleh 3.231 atlet. Para atlet tersebut berasal dari 839 tim. Semuanya berjalan lancar.

Grand final berlangsung dalam dua hari. Dimulai dari Sabtu (26/11/2022) hingga Ahad (27/11/2022) malam WIB di Cilandak Town Square, Jakarta.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA