Senin 28 Nov 2022 04:55 WIB

Malaysia Gelar Manasik Haji 2023 di Ratusan Masjid

Ratusna masjid di Malaysia gelar manasik haji 2023.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Malaysia Gelar Manasik Haji 2023 di Ratusan Masjid. Foto: Haji / ka'bah
Foto: Republika
Malaysia Gelar Manasik Haji 2023 di Ratusan Masjid. Foto: Haji / ka'bah

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR – Lembaga Tabung Haji (TH) menyelenggarakan Kursus Dasar Haji (KAH) 1444 Hijriyah/ 2023 Masehi bagi calon jemaah haji di 201 masjid di Malaysia mulai 25 November hingga 17 Februari 2023 mendatang.

TH mengatakan, ada 14 rangkaian kursus yang akan dilakukan secara bertahap di masjid-masjid terpilih secara nasional dibawah naungan kerjasama Departemen Agama Islam Malaysia dan pengurus masjid.

Baca Juga

“Prioritas akan diberikan kepada calon jemaah haji yang terdaftar menunaikan ibadah haji tahun 2023 dan juga yang sebelumnya mengalami penundaan akibat Covid-19. Namun, basic course juga terbuka bagi seluruh umat Islam yang berminat memperdalam dan membekali diri dengan ilmu terkait haji dan umrah,” ujar TH seperti dilansir dari Bernama, Ahad (27/11/2022).

Menurut pernyataan lembaga tersebut, kursus akan diadakan setiap akhir pekan mulai dari bulan Rabiulakhir, dimana pelatihan haji tingkat pertama harus diikuti oleh calon jemaah haji.

Modul-modul tersebut menekankan pada filosofi, sejarah, rukun haji dan umrah, hal-hal yang wajib dilakukan saat haji dan umrah serta hal-hal yang berkaitan dengan masalah perempuan.

“TH percaya melalui KAH, calon jemaah haji tidak hanya dapat belajar tentang haji, tetapi juga keterampilan pribadi, termasuk menjaga kesehatan dan kebersihan, selain menghayati konsep istito'ah yang merupakan kewajiban dalam menunaikan ibadah haji,” kata TH dalam sebuah pernyataan.

Calon jemaah yang berminat hanya perlu mendaftar di masjid-masjid yang terdaftar, adapun untuk jadwal pelatihan bisa dicek di laman www.tabunghaji.gov.my

Sumber:

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2142340

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement