Ahad 27 Nov 2022 21:04 WIB

Babak Pertama, Belgia Ditahan Imbang 0-0 Maroko

Gol tendangan bebas gelandang Maroko Hakim Ziyech dianulir wasit.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Belgia Thorgan Hazard (kanan) menghadang Achraf Hakimi dari Maroko selama pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia antara Belgia dan Maroko, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 27 November 2022.
Foto: AP/Alessandra Tarantino
Pemain timnas Belgia Thorgan Hazard (kanan) menghadang Achraf Hakimi dari Maroko selama pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia antara Belgia dan Maroko, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 27 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belgia ditahan imbang di babak pertama saat menghadapi Maroko pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022 Qatar di Al Thumama Stadium, Ahad (27/11/2022) malam WIB. Hakim Ziyech sebetulnya berhasil membobol gawang Belgia di menit-menit akhir, tapi gol itu dianulir karena offside. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Ini menjadi laga perebutan tempat pertama di grup. Belgia punya modal bagus dengan tiga poin, sementara Maroko satu poin. Dalam pertandingan, Belgia menunjukkan dominasi di 10 menit pertama. Dua tendangan sudut telah didapatkan tapi tidak ada peluang ke gawang sejauh ini.

Baca Juga

Di menit ke-12, Kevin De Bruyne mengangkat tendangan bebas dari sayap kanan ke arah tiang jauh. Tapi pemain Maroko memenangkan sundulan untuk memberi Belgia tendangan sudut lainnya. Tapi umpan dari tendangan sudut itu diamankan dengan baik oleh kiper Yassine Bounou.

Hampir 15 menit Belgia menekan pertahanan Maroko. Tapi belum ada peluang yang berakhir dengan tembakan ke gawang. Di menit ke-19, percobaan Thomas Meunier dari luar kotak diamankan kiper. Maroko juga selamat dari banyak bola mati Belgia. Setelah hampir 25 menit menahan gempuran, Maroko mulai menemukan ritme dalam permainan.

Maroko menyebabkan lebih banyak masalah bagi Belgia. Di menit ke-27, Selim Amallah melepaskan tendangan voli dari tepi kotak tapi itu masih terlalu tinggi dari sasaran. Di menit ke-34, giliran Achraf Hakimi mendapat bola di kanan kotak penalti tapi tendangannya melambung di atas mistar gawang Belgia.

Lima menit berselang, Belgia mendapat peluang. Percobaan dilakukan oleh De Bruyne dengan tembakan jarak jauh menggunakan kaki kanan dari sudut sempit di sebelah kiri. Tapi itu masih sedikit terlalu tinggi dari sasaran. Sejurus kemudian upaya Amadou Onana harus dihentikan karena offside.

Maroko tanpa diduga justru memimpin lebih dulu di menit ke-45. Bola berhasil disarangkan oleh Ziyech dari tendangan bebas. Namun, gol harus dianulir karena Romain Saiss berada dalam posisi offside saat ia hendak menyambut umpan tendangan bebas Ziyech. Laga pun berakhir dengan skor imbang di babak pertama.

Susunan pemain kedua tim:

Belgia (3-4-3)

Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Thomas Meunier, Thorgan Hazard, Axel Witsel, Amadou Onana, Timothy Castagne, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Michy Batshuayi.

Pelatih: Roberto Martinez

Maroko (4-3-3)

Yassine Bounou, Noussair Mazraoui, Romain Saïss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi, Selim Amallah, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech.

Pelatih: Walid Regragrui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement