Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Tim Respons Cepat Bakrie Tanggap Kirim Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

Ahad 27 Nov 2022 17:05 WIB

Red: Gita Amanda

Tim Respon Cepat Bakrie Tanggap yang diwakili Lembaga Amil Zakat Bakrie Amanah, di beberapa titik kejadian telah membantu penyintas gempa Cianjur.

Tim Respon Cepat Bakrie Tanggap yang diwakili Lembaga Amil Zakat Bakrie Amanah, di beberapa titik kejadian telah membantu penyintas gempa Cianjur.

Foto: Bakrie Amanah
Diharapkan seluruh insan Bakrie dan masyarakat umum sama-sama mengulurkan bantuan

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kabar duka kembali menimpa Tanah Air. Bencana gempa bumi berkekuatan 5.6 skala Richter mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Gempa ini tidak hanya menimbulkan luka bagi para penyintas namun juga seluruh lapisan elemen masyarakat.

Dahsyatnya gempa yang terjadi telah menyisakan puing-puing bangunan yang roboh. Saat ini, para penyintas gempa di Cianjur tengah berjuang untuk menata kembali kehidupan mereka ke depan di tengah hancurnya material harta benda termasuk rumah dan juga kendaraan. Di luar itu penataan ulang secara mental perlu dilakukan, mengingat banyaknya sanak saudara mereka yang hilang dan meninggal dunia.

Baca Juga

Demi kelangsungan aktivitas mereka, para penyintas harus rela tinggal di bawah tenda pengungsian bersama-sama dengan penyintas lainnya dan mengharapkan bantuan segera datang untuk dapat memenuhi kebutuhan pasokan makanan saat mereka tinggal di tenda pengungsian. Bahkan, tak jarang juga para penyintas harus menghentikan para pengendara yang lewat di sepanjang jalan dengan berharap mereka dapat memberikan bantuan.

Alhamdulillah, tim Respon Cepat Bakrie Tanggap yang sudah turun langsung sejak awal kejadian untuk membantu dan melakukan penanganan terhadap penyintas.

Tim Respon Cepat Bakrie Tanggap yang diwakili Lembaga Amil Zakat Bakrie Amanah, di beberapa titik kejadian telah membantu penyintas melalui beberapa kegiatan, antara lain menyelenggarakan kegiatan psikososial untuk anak-anak di tenda pengungsian dan pembagian paket kebutuhan anak. Tim Respon Cepat Bakrie Tanggap juga membagikan kebutuhan peralatan pengungsian, seperti terpal, selimut, kebutuhan bayi, rendang kaleng siap saji, beras, air mineral dan juga obat-obatan.

photo
Tim Respon Cepat Bakrie Tanggap yang diwakili Lembaga Amil Zakat Bakrie Amanah, di beberapa titik kejadian telah membantu penyintas gempa Cianjur. - (Bakrie Amanah)

Kegiatan lainnya adalah pengecekan layanan kesehatan untuk penyintas di pengungsian. Melihat dari kondisi ini General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, sangat berharap kepada seluruh insan Bakrie dan juga masyarakat umum untuk sama-sama mengulurkan bantuan terkait bencana yang terjadi di Cianjur.

“Dengan kondisi luasnya sebaran kejadian dan banyaknya korban meninggal juga bangunan tempat tinggal yang rusak parah serta fasilitas publik yang tidak bisa berfungsi, memerlukan perhatian dan bantuan dari banyak pihak. Sampai hari ke-3 pencarian korban oleh Tim SAR gabungan masih dilakukan. Sementara itu penyintas juga membutuhkan tempat perlindungan yang representatif,” ujar Setiadi Ihsan.

Alhamdulillah, lanjut Ihsan, Bakrie Amanah dan Bakrie Tanggap telah hadir di enam titik lokasi untuk dapat membantu meringankan kesedihan para penyintas. Banyaknya titik lokasi bencana menjadi tantangan tersendiri bagi para donatur dalam mendistribusikan bantuannya.

Untuk itu, Ihsan mengimbau bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan, diharapkan sebelumnya dapat berkoordinasi terlebih dahulu untuk bekerja sama dengan posko-posko bantuan yang telah berdiri di tengah para penyintas. Hal ini sangat membantu untuk pemerataan distribusi bantuan dan kemudahan serta ketepatan donatur dalam menyalurkan bantuan.

“Di sejumlah titik lokasi, kebutuhan akan tenda termasuk terpal untuk alas, alat-alat mandi dan kebersihan, kebutuhan bayi dan balita serta perempuan, makanan pokok dan genset sangat dibutuhkan,” ujar Ihsan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA