Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Kepala Madrasah MAN 10 Jakarta Barat Raih Anugerah GTK Berprestasi 2022

Ahad 27 Nov 2022 16:56 WIB

Red: Gita Amanda

 Kepala Madrasah MAN 10 Jakarta Barat, Nurlaelah, meraih Juara II Tingkat Nasional pada Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022.

Kepala Madrasah MAN 10 Jakarta Barat, Nurlaelah, meraih Juara II Tingkat Nasional pada Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022.

Foto: Dok Pribadi
Anugerah GTK Madrasah Berprestasi tahun 2022 diikuti oleh ribuan pendidik pilihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Madrasah MAN 10 Jakarta Barat, Nurlaelah, meraih Juara II Tingkat Nasional pada Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022. Ini berkat program yang diluncurkannya yakni One Student One Achievement, One Teacher One Achievement dan One Employee One Achievement.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Agama pada malam puncak peringatan Hari Guru Nasional 2022 yang berlangsung pada Jumat (25/11/2022), di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta. Malam anugerah ini dihadiri oleh  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar bersama para pejabat eselon I dan II pusat, serta ratusan guru madrasah dari berbagai daerah di Indonesia.

Berkat program One Student One Achievement, One Teacher One Achievement dan One Employee One Achievement, yang diluncurkan, Nurlaelah meraih juara 2 pada Grand Final Anugerah GTK Berprestasi Kemenag RI tahun ini. Program tersebut sebenarnya sebagai reaksi atas dicanangkannya program Jakarta Madrasah Competition (JMC) dan Jakarta Madrasah Award (JMA) yang diluncurkan Penmad kanwil Kementerian Provinsi DKI Jakarta.

“Sebagai pimpinan di madrasah, saya harus mengakomodir program-program yang diluncurkan Kementerian Agama sebagai bentuk  loyalitas. Maka pada tahun ini  tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2022, saya berinovasi dengan meluncurkan program tersebut  sehngga dapat memotivasi seluruh Sivitas Akademika untuk berprestasi," kata Nurlaelah, dikutip dari siaran pers, Ahad (27/11/2022).

Di sisi lain, konsekuensi dari program yang dicanangkan, sebagai Kepala Madrasah Nurlaelah harus memberikan contoh kepada peserta didik, guru dan tenaga kependidikan semangat untuk menyumbangkan prestasi kepada MAN 10 Jakarta Barat. "Maka dengan persiapan yang tidak terlalu lama saya mengikuti lomba Jakarta Madrasah Competition  (JMC) pada kategori Kepala Madrasah Berprestasi dan berhasil mendapat juara ke-3," ujarnya.

photo
Kepala Madrasah MAN 10 Jakarta Barat, Nurlaelah, meraih Juara II Tingkat Nasional pada Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022. - (Dok Pribadi)
 

Sebagai kelanjutan dari kegiatan tersebut maka Nurlaelah mengikuti kegiatan Anugerah GTK pada Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Direktur GTK Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Anugerah GTK Madrasah Berprestasi tahun 2022 diikuti oleh ribuan pendidik pilihan dari berbagai madrasah di Indonesia.

Untuk sampai babak grand final, panitia melakukan seleksi administrasi berdasarkan dokumen pendaftaran. Setelah itu, dilakukan penilaian terhadap portofolio dan karya tulis ilmiah. Dari proses itu, terpilih tiga nominator yang masuk final. "Dan saya bersyukur karena saya mendapat juara ke-2 pada ajang tersebut," katanya.

Nurlaelah bertugas di MAN 10 Jakarta Barat mulai pada bulan Agustus 2019. Banyak prestasi yang diraih selama kepempimpinanya. Pada tahun lalu mendapat juara ke-3 Pada Ajang Jakarta Madrasah Award (JMA) Bidang Non Akademik, juga Medali Perunggu KSM Nasional Bidang Fisika Terintegrasi. Demikian juga kelompok basket, Saman, KSM atau olimpiade yang diikuti baik online maupun offline,  Karya Tulis Ilmiah (MYRES, Silat, Robotik, Taekwondo, Tahfidz dan banyak lagi prestasi yang lain.

Terlebih tahun ini, prestasi yang disumbangkan oleh peserta didik sangat meningkat. Sampai bulan ini hampir 100 medali yang diraih, baik prestasi akademik maupun non akademik, baik kelompok maupun perorangan. Tentu ini berkat program “One Student One Acievement dan One Teacher One Achievement, dan One Employe One Achievement” yang diluncurkan Nurlaelah.

"Alhamdullillah berkat program tersebut, semua berlomba dan termotivasi untuk menyumbangkan prestasi," ujar Nurlaelah. Lebih dari itu, inovasi ini juga sebagai syiar madrasah bahwa madrasah tetap eksis dan terdepan untuk menjadi madrasah yang mandiri dan berprestasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA