Ahad 27 Nov 2022 16:32 WIB

Federasi Sepak Bola Belanda akan Bawa Festival Oranje Indonesia Keliling Tanah Air

Sepak bola itu bisa menyatukan dan membawa perdamaian.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kemeriahan gelaran Festival Oranje Indonesia di di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam WIB.
Foto: dok. KNVB
Kemeriahan gelaran Festival Oranje Indonesia di di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara Oranje Indonesia Festival yang diinisiasi oleh Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) berlangsung sukses dan meriah di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Acara itu diklaim sebagai acara nonton bareng (Nobar) terbesar yang pernah dihelat di Indonesia dengan dihadiri lebih dari tiga ribu pendukung Belanda.

Selain menyaksikan pertandingan antara Belanda vs Ekuador – yang berakhir imbang 1-1 – festival tersebut juga dimeriahkan dengan suguhan penampilan musisi Indonesia Jason Ranti dan Danilla, serta dipandu oleh komentator olahraga terkenal dan penggemar Oranje, Valentino Simanjuntak. Kehadiran mantan pemain Oranje Ron Vlaar juga melengkapi pengalaman bagi ribuan penggemar Oranje di Indonesia.

Baca Juga

Oranje Indonesia Festival dibuka secara resmi oleh Perwakilan KNVB Ilja Dijkstra, Sesmenpora Gunawan Suswantoro, Wasekjen PSSI Maike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan Dubes Belanda Lambert Grinch. Dalam sambutannya, Gunawan mengatakan acara Oranje Indonesia bisa menjadi bukti bahwa sepak bola itu bisa menyatukan dan membawa perdamaian.

"Semoga hubungan baik antara Indonesia dan Belanda ini, dengan fans yang begitu banyak ini, memliki dampak yang baik. Melihat semangat penonton sepak bola di Indonesia ini meyakinkan kita dan bisa menjadi bukti bahwa sepak bola bisa mempersatukan dan membawa perdamaian," kata Gunawan, dalam keterangan yang diterima republika.co.id, Ahsd (27/11/2022).

Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB Ilja Dijkstra mengaku senang bisa merealisasikan Oranje Indonesia Festival. Menurutnya, momen ini menjadi ajang silaturahmi yang spesial bagi suporter Timnas Belanda di Indonesia. 

"Kami sangat bahagia bisa berada di sini untuk memberikan sesuatu bagi penggemar Timnas Belanda di Indonesia. Para penggemar sangat luar biasa besar, sehingga akhirnya kami menggelar Oranje Festival Indonesia," kata Ilja.

Kesuksesan 'Oranje Indonesia Festival' di Jakarta merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang telah digulirkan KNVB di Indonesia sejak tahun 2021. Acara festival di Jakarta akan dilanjutkan dengan Fan Tour dengan mengunjungi para penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selama Fan Tour ini, penggemar dari Jawa hingga Papua Barat dan Ambon akan dikunjungi oleh KNVB selama pertandingan Piala Dunia berlangsung, terutama jika lolos ke sistem gugur. KNVB akan merasakan pengalaman menyaksikan pertandingan bersama para penggemar dan akan meninggalkan hadiah di setiap kota dalam bentuk lukisan mural.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement