Ahad , 27 Nov 2022, 14:48 WIB

Legenda Timnas Jerman Sanjung Dua Gelandang Muda Spanyol Setinggi Langit

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Gilang Akbar Prambadi
 Gavi Spanyol (kiri) merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kelima timnya selama pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Spanyol dan Kosta Rika, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.
Foto AP/Pavel Golovkin

Gavi Spanyol (kiri) merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kelima timnya selama pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Spanyol dan Kosta Rika, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.

Keduanya diyakini akan memberi teror kepada Jerman dini hari nanti WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Legenda Timnas Jerman dan Bayern Muenchen, Lothar Matthaus, menilai, Pedri dan Gavi merupakan simbol dan pemimpin dari generasi baru di pentas sepak bola profesional. Meski tergolong sebagai pemai remaja, Gavi dan Pedri sudah tampil begitu impresif, baik di level klub ataupun kala memperkuat Timnas Spanyol. 

Dua jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu pun sudah dipercaya tampil sebagai starter kala La Furia Roja menghadapi Kosta Rika di laga kedua penyisihan Grup E, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Di laga tersebut, Pedri dan Gavi mendampingi gelandang veteran Timnas Spanyol, Sergio Busquets. 

Baca Juga

Pedri dan Gavi terlihat tampil solid dalam laga yang berujung pada kemenangan besar Spanyol, 7-0, atas Kosta Rika tersebut. Duet Pedri-Gavi di laga itu menuai pujian dan kerap digadang-gadang memiliki kesamaan dengan duet Xavi-Andres Iniesta kala Spanyol merengkuh titel Piala Dunia 2010 silam. 

Pujian terhadap Pedri dan Gavi pun datang dari Matthaus. Tidak tanggung-tangung, penggawa Timnas Jerman di lima gelaran Piala Dunia itu menilai, Pedri dan Gavi merupakan simbol dan menjadi pemimpin dari dari generasi teranyar pemain bintang di pentas sepak bola profesional. 

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, juga tidak luput dari pujian Matthaus. Kepercayaan yang diberikan Enrique menjadi faktor penting dalam peninkatan performa dan kepercayaan diri Pedri dan Gavi. Enrique, kata Matthaus, berhasil mempertahankan nilai-nilai di Timnas Spanyol, terutama soal kesempatan pada para pemain muda. 

''Mereka (Pedri dan Gavi) akan memimimpin generasi yang baru pada masa mendatang. Luis Enrique memberikan mereka kepercayaan, dan hal itu sangat fundamental buat mereka. La Furia Roja selalu berhasil mempertahankan nilai-nilai tertentu,'' ujar Matthaus dalam wawancara dengan Marca, Ahad (27/11/2022). 

Setidaknya dalam dua musim terakhir, kemunculan Pedri dan Gavi memang terus menjadi sorotan. Pedri sudah memperkuat tim senior Barca pada 2020. Saat itu, Pedri baru berusia 17 tahun. Begitu pula saat Pedri dipercaya tampil di pentas Euro 2021 dan Olimpiade Tokyo 2021. Pada 2021, Pedri menyabet gelar Kopa Trophy dan Golden Boy, dua penghargaan buat pemain terbaik Eropa dan Dunia, pada 2021. 

Langkah serupa juga diikuti Gavi, yang merengkuh dua penghargaan tersebut pada tahun ini. Gelandang berusia 18 tahun itu dianggap tampil impresif bersama Blaugrana dalam satu setengah musim terakhir. Kemampuan Gavi dan Pedri ini akan diuji di laga kedua La Furia Roja di Piala Dunia 2022. Pasalnya, La Furia ROja akan menghadapi salah satu kandidat juara Qatar 2022, Jerman, di partai keempat penyisihan Grup E, Ahad (27/11/2022) malam WIB.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
gavi spanyol vs jerman piala dunia 2022 pedri piala dunia qatar 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya