Ahad , 27 Nov 2022, 01:01 WIB

Dua Gol Mbappe Pastikan Kemenangan Prancis atas Denmark

Rep: Rizky Suryarandika / Red: Ratna Puspita
Kylian Mbappe dari Prancis merayakan gol pembuka timnya melawan Denmark selama pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.
Foto AP/Martin Meissner

Kylian Mbappe dari Prancis merayakan gol pembuka timnya melawan Denmark selama pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Dua gol Mbappe menjamin posisi Prancis di puncak Grup D. 

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kylian Mbappe menjadi dalang kemenangan 2-1 Prancis atas Denmark di laga grup D Piala Dunia 2022 pada Sabtu (26/11) malam hingga Ahad (27/11/2022) dini hari WIB. Dua gol Mbappe menjamin posisi Prancis di puncak Grup D. 

Prancis mampu menekan Denmark nyaris di sepanjang babak pertama. Prancis unggul dari segi penguasaan bola dan tembakan langsung ke arah gawang. Namun, Denmark punya lini belakang yang kompak dalam meredam gempuran Kylian Mbappe dkk. 

Baca Juga

Prancis menciptakan peluang emas pertama pada menit ke-21 ketika sundulan Adrien Rabiot yang memanfaatkan umpan silang menyasar gawang Denmark. Namun, Kasper Schmeichel lewat refleks gesitnya bisa mengamankan gawangnya. 

Jesper Lindstrom sempat mengancam gawang Prancis pada menit ke-28 dan ke-32. Namun, lini belakang Tim Ayam Jantan masih terlalu kuat untuk bisa dilewati. 

Antoine Griezmann nyaris mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-33. Griezmann yang menyambar operan di dalam kotak penalti, melepaskan tembakan yang diantisipasi dengan akurat oleh Schmeichel.

Lewat serangan kilat, Andreas Cornelius balik mengancam Prancis pada menit ke-36. Hanya saja, tendangannya meleset dari sasaran. 

Peluang Prancis lewat Olivier Giroud pada menit ke-37 juga masih menemui jalan buntu. Sundulan Giroud yang sudah memenangkan duel udara hanya berbuah tendangan gawang. 

Ousmane Dembele gantian membuat fans Denmark ketar-ketir. Pada menit ke-40, Dembele memberi umpan cantik pada Mbappe di kotak penalti. Namun, Mbappe gagal memanfaatkannya karena tendangan first timenya melesat jauh di atas gawang. 

Jelang turun minum, Christian Eriksen melepaskan tembakan keras dari jarak jauh, yang melebar jauh dari tiang kiri gawang Prancis. Sampai peluit akhir babak pertama, belum ada gol tercipta. 

Pada awal babak kedua, upaya serangan Denmark lewat Eriksen dan Lindstrom masih belum menemui sasaran. Sementara, Schmeichel lakukan penyelamatan gemilang dari tendangan Mbappe usai menembus pertahanan Denmark. 

Gol pertama akhirnya tercipta bagi Prancis berkat kerjasama satu-dua antara Mbappe dan Theo Hernandez pada menit ke-61. Mulanya, Mbappe melakukan memanfaatkan serangan dari sayap dan mengoper bola ke Theo. 

Theo balas mengoper balik ke Mbappe hingga membuat lini belakang Denmark terkecoh. Schmeichel tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya dari tendangan pelan tapi pasti dari Mbappe. 

Namun, keunggulan juara bertahan Piala Dunia itu tak berlangsung lama. Denmark sukses menyamakan keadaan pada menit ke-68. 

Gol ini bermula dari gempuran Denmark yang berujung tendangan sudut. Tendangan sudut ini dikonversi menjadi gol lewat sundulan Andreas Christensen yang kepalanya nyaris terhantam kaki pemain Prancis. 

Lindstrom hampir membalikkan keadaan ketika melepaskan tembakan keras dari kotak penalti di menit ke-74. Namun, Hugo Lloris tangkas menjegalnya. 

Anak asuhan Deschamps terus menyerbu Denmark. Namun hingga menit ke-80, peluang dari Aurelien Tchouameni, Rabiot dan Jules Kounde hanya menjadi statistik pertandingan. Sementara, Denmark mencoba membahayakan Prancis lewat counter attack. 

Ikhtiar Prancis membuahkan hasil pada menit ke-86. Griezmann mengirim umpan silang terarah pada Mbappe yang mendapat ruang kosong di dalam kotak penalti. Mbappe tak menyiakan peluang itu guna memasukkan bola ke gawang Denmark tanpa hambatan. 

Pada injury time, Mbappe mendapat umpan silang di dekat kotak penalti. Mbappe tanpa ragu-ragu justru menembak tepat ke arah kiper sehingga peluang itu gagal dimanfaatkannya menjadi hattrick. 

Hingga peluit akhir berbunyi, tak lagi gol tercipta. Akibat kekalahan ini, Denmark sementara ini terkapar di posisi ketiga Grup D dengan satu poin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
kylian mbappe prancis denmark prancis vs denmark piala dunia 2022 hasil prancis vs denmark
Berita Terkait
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya