Sabtu , 26 Nov 2022, 22:07 WIB

Livescore Piala Dunia; Arab Saudi Takluk 0-2 dari Polandia

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi1 / Red: Gilang Akbar Prambadi
 Saud Abdulhamid dari Arab Saudi ditarik oleh Jakub Kaminski dari Polandia selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.
Foto AP/Aijaz Rahi

Saud Abdulhamid dari Arab Saudi ditarik oleh Jakub Kaminski dari Polandia selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Arab sebenarnya tampil cemerlang, tapi Polandia jauh lebih efisien.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Polandia berhasil mengamankan poin penuh saat menghadapi Arab Saudi pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Sabtu (26/11/2022) malam WIB. Gol Piotr Zielinski dan Lewandowski membawa Polandia menang 2-0 atas Arab Saudi. Kini Polandia naik ke puncak klasemen sementara Grup C dengan empat poin. 

Arab Saudi dengan cepat menekan area pertahanan Polandia di menit-menit awal meskipun tak ada percobaan ke gawang hingga menit kelima. Percobaan pertama ke gawang justru dilakukan oleh Polandia di menit ke-6 saat Cash mencoba memasukkan bola ke dalam kotak tapi Al Owais dengan mudah mengamankannya.

Baca Juga

Di menit ke-12, Arab Saudi mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama saat Kanno menerima umpan tarik di kotak penalti dari Al Birakan dan langsung menembak dengan kaki kanan ke bagian tengah atas gawang. Tapi itu masih bisa ditepis keluar oleh Szczesny. 

Tekanan yang diberikan oleh Arab memaksa Polandia untuk berjuang keras menghentikan upaya yang dilakukan pemain Arab namun itu terlalu keras sehingga dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit. Tiga kartu kuning telah dikeluarkan untuk pemain Polandia – Kiwior, Cash dan Milik – dalam kurun empat menit.

Polandia mendapatkan peluang di menit ke-27 dari tendangan sudut. Bielik berhasil menanduk bola dari umpan pojok dari Zielinski, tapi refleks Al Burayk dengan kepalanya berhasil mengubah arah bola keluar lapangan. Sementara itu, Arab terus menekan dengan hanya menyisakan 2-3 pemain di area sendiri.

Di menit ke-39 Polandia akhirnya memetik keunggulan lebih dulu. Bola jatuh di kaki Lewandowski yang berlari menuju kotak. Penyerang Barcelona itu menatik umpan ke tengah. Zielinski berhasil memaksimalkan umpan tarik dari Lewandowski di mulut gawang. Skor 1-0 untuk Polandia. 

Arab Saudi berpeluang menyamakan kedudukan saat mendapatkan hadiah penalti di menit ke-45 dari pelanggaran Bielik kepada Al Shehri di kotak terlarang. Tapi eksekusi Al Shehri dari titik putih berhasil digagalkan oleh Szczesny, kemudian upaya lanjutan Al Burayk dari bola rebound meleset di atas mistar. Skor bertahan 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Arab bermain lebih agresif untuk mengejar ketertinggalan mereka. Mereka berjuang untuk mendapatkan peluang. Hingga di menit ke-55, kmelut terjadi di kotak penalti Polandia. Al Dawsari yang mendapatkan bola langsung melepaskan tembakan ke gawang, tapi upayanya berhasil ditepis oleh Szczesny.

photo
Robert Lewandowski dari Polandia, merayakan setelah mencetak gol kedua untuk timnya, selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022. - (AP/Themba Hadebe)
Peluang Arab lainnya terjadi di menit ke-60. Al Birakan menemukan ruang untuk menembak tapi bola melambung tinggi di atas mistar. Sejurus kemudian, giliran Kanno yang melakukan percobaan dari luar kotak penalti, tapi lagi-lagi masih meleset di atas mistar gawang.

Polandia memberikan serangan balasan, peluang tercipta di menit ke-63, Milik dengan sundulannya menggetarkan mistar gawang saat melanjutkan umpan dari sayap kiri. Dua menit berselang, Polandia kembali mengancam. Giliran Lewandowski yang mengguncang tiang dekat setelah menyambung dengan umpan silang dari sisi kanan.

photo
Robert Lewandowski dari Polandia merayakan gol ke-2 timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022. - (AP/Manu Fernandez)
Di menit ke-75, Al Owais melakukan penyelamatan penting saat memutuskan untuk maju jauh ke depan untuk mematahkan serangan balik cepat dari Polandia ketika tak ada lagi pemain di area pertahanan sementara Lewandowski telah berlari untuk menerima umpan terobosan. 

Tiga menit berselang, Al Malki mendapatkan bola liar saat ia berdiri bebas tak jauh dari kotak penalti. Ia langsung melepaskan tembakan kaki kiri mendatar ke sudut kiri gawang tapi itu masih melebar tipis dari sasaran. Arab secara konsisten menekan pertahanan Polandia, tapi belum ada peluang yang membuahkan hasil.

Polandia justru semakin jauh ketika Lewandowski menggandakan keunggulan di menit ke-82. Ia memanfaatkan kesalahan Al Maliki yang bermain di area pertahanan sendiri. Lewandowski kemudian merebut bola dan memaksimalkan peluang emas tersebut untuk membawa Polandia unggul 2-0.

Lewandowski hampir mencetak gol kedua atas namanya dalam pertandingan ini. Tapi Al Owais melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan peluang tersebut. Bola kemudian disapu keluar oleh pemain belakang Arab. Jual beli serangan masih terjadi di waktu tersisa tapi tidak ada gol tambahan hingga peluit akhir. Skor 2-0 untuk kemenangan Polandia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
arab saudi polandia vs arab saudi piala dunia 2022 poland vs saudi arabia
Berita Terkait
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya