Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Relawan LMI Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

Ahad 27 Nov 2022 01:11 WIB

Red: Agung Sasongko

Tim gabungan turun dan membantu melakukan proses evakuasi

Tim gabungan turun dan membantu melakukan proses evakuasi

Foto: istimewa
Reawan LMI bersama tim gabungan turun dan membantu melakukan proses evakuasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR - Tim gabungan kembali berhasil menemukan korban meninggal dunia, terdampak gempa Cianjur M5.6 yang menerjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) lalu. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebutkan, berdasarkan data sementara yang dihimpun, terjadi penambahan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

Baca Juga

"Jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang. Kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah, tercatat penambahan di 363 sekolah, 144 tempat ibadah," kata Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). 

Korban yang berhasil ditemukan hari ini berjumlah 17. Bersamaan dengan itu, tim DVI Polri, Basarnas dan Pusat Krisis Kemenkes berhasil mengidentifikasi 21 jenazah dari data puskes dan desa, termasuk mendapatkan identitas dari korban jiwa yang sudah dikebumikan keluarga, sehingga total korban meninggal 310 jiwa. 

Sejak hari Kamis (24/11/2022) relawan LMI bersama tim gabungan turun dan membantu melakukan proses evakuasi jenazah korban tanah longsor yang berada di desa Cijedil. Menurut Manajer Penanggulangan Bencana LMI, Susanto, mengatakan akan mencari sampai orang yang terdata hilang berhasil ditemukan. 

"Sampai orang terakhir, tidak ada penurunan semangat, kekuatan, sarana prasarana, karena keselamatan rakyat untuk hukum tertinggi," terangnya.

Susanto berharap agar masyarakat Indonesia bahu membahu untuk membantu korban di Cianjur. Meskipun tidak bisa datang secara langsung, namun kepedulian untuk membantu secara material sangat di perlukan.

"Relawan LMI yang saat ini di lapangan membutuhkan bantuan untuk membantu saudara yang ada di Cianjur. Mari bersama LMI menyalurkan bantuan kepada warga-warga yang saat ini masih belum menerima bantuan." Pungkasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA