Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

PKT Proaktif Salurkan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Cianjur

Ahad 27 Nov 2022 03:03 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Sejumlah posko pengungsian warga berdiri di dekat rumah yang hancur akibat gempa bumi di Garogol Kidul, Cibulakan, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Masa tanggap darurat penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur ditetapkan selama 30 hari sejak Senin (21/11/2022).

Sejumlah posko pengungsian warga berdiri di dekat rumah yang hancur akibat gempa bumi di Garogol Kidul, Cibulakan, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Masa tanggap darurat penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur ditetapkan selama 30 hari sejak Senin (21/11/2022).

Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Bantuan kebutuhan mendesak ini diharapkan meringankan beban pengungsi Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui aksi cepat tanggap PKT Proaktif menyalurkan bantuan logistik hingga perlengkapan pendukung bagi warga terdampak gempa yang tengah mengungsi di sejumlah lokasi. Bantuan didistribusikan melalui posko Pupuk Indonesia Grup yang tergabung dalam Satgas BUMN di Kecamatan Cigenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, mengatakan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap para korban, sesuai arahan Menteri BUMN w untuk turun langsung memberi manfaat dalam menyikapi kondisi yang terjadi. Selain juga wujud implementasi UU Nomor 19 Tahun 2003, tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

Baca Juga

"Bantuan yang disalurkan berupa 10 unit lampu emergency, 20 kardus makanan bayi, 100 kardus susu formula bayi, 500 ikan kaleng dan 500 kornet, serta dua unit tenda pleton ukuran 6x14 meter," ujar Teguh dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Teguh mengatakan seluruh bantuan didasari kebutuhan mendesak para korban di Kecamatan Cigenang, terutama bahan pokok hingga keperluan bayi dan tenda layak untuk para pengungsi. Teguh menyebut penyaluran bantuan mencakup berbagai wilayah Cigenang, di antaranya Desa Padaluyu, Desa Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kampung Pabrik Jamur dan Desa Cijedil.

"Sesuai informasi, kebutuhan logistik merupakan hal sangat mendesak untuk segera dipenuhi bagi para korban, mulai dari bahan pokok hingga keperluan bayi. Makanya itu prioritas utama yang kami penuhi terlebih dulu, ditambah tenda layak untuk para pengungsi berteduh," ucap Teguh.

Dia berharap bantuan ini bisa meringankan beban para korban, dan Pupuk Kaltim akan terus berupaya maksimal menyalurkan dukungan lanjutan untuk membantu langkah penanggulangan. Begitu pula untuk pemulihan kondisi pascabencana, Pupuk Kaltim siap berkolaborasi bersama Pupuk Indonesia Grup dan Satgas BUMN melalui program PKT Proaktif.

Teguh mengatakan program tersebut sengaja diinisiasi untuk menyikapi berbagai kondisi yang terjadi di masyarakat, dengan turut andil secara aktif dalam memberi manfaat serta dukungan secara optimal. Hal ini merupakan salah satu komitmen Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN untuk terus berperan dalam membantu masyarakat Indonesia.

"Pupuk Kaltim memiliki kewajiban dan tanggungjawab sosial untuk membantu masyarakat melalui manfaat dan kontribusi sesuai amanat Kementerian BUMN. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban korban maupun masyarakat yang terdampak,” tambah Teguh.

Menteri BUMN Erick Thohir, menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi perusahaan BUMN yang turun langsung membantu para korban gempa Cianjur. Erick mendorong seluruh perusahaan pelat merah untuk terus berkolaborasi dan saling membahu menanggulangi dampak serta pemulihan pasca bencana.

"Saya berterima kasih atas kerja keras dan amanah yang dijaga. Kehadiran BUMN di sini adalah untuk memastikan bahwa kita bisa terdepan sebagai satu keluarga besar untuk memberikan solusi bagi masyarakat,” kata Erick, saat mengunjungi posko Satgas BUMN di Limbangan Sari.

Erick menyampaikan, hal terpenting saat ini adalah BUMN hadir di tengah masyarakat untuk mendampingi dan membantu langkah penanggulangan bagi korban. Begitu pula kedepannya, sinergi BUMN diminta turut fokus dalam mendukung pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, hingga layanan kesehatan yang terdampak gempa.

"Dari kesinambungan upaya yang dilakukan, peran BUMN dapat dirasakan langsung meringankan beban para korban," kata Erick.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA