Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Masjid-Masjid di Bhiwandi India Serukan Vaksinasi Campak

Sabtu 26 Nov 2022 09:20 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Iqbal Ud Daula atau dikenal dengan Masjid Spanyol di Hyderabad, India. Masjid-Masjid di Bhiwandi India Serukan Vaksinasi Campak

Masjid Iqbal Ud Daula atau dikenal dengan Masjid Spanyol di Hyderabad, India. Masjid-Masjid di Bhiwandi India Serukan Vaksinasi Campak

Foto: The Culture Trip
10 anak diduga meninggal karena penyakit campak.

REPUBLIKA.CO.ID, BHIWANDI -- Masjid-masjid di kota Bhiwandi dan Govandi, India kompak menyerukan pada umat Muslim untuk mengikuti vaksinasi menyusul adanya kasus kematian anak yang diduga karena penyakit campak.

Ini dilakukan untuk menghalau keragu-raguan masyarakat kota Bhiwandi dan Govandi melakukan vaksin setelah ada 10 anak meninggal dengan dugaan kasus campak. Seruan itu disampaikan setiap masjid di dua wilayah itu setelah melaksanakan sholat Jumat.

Baca Juga

 

"Adalah tanggung jawab Anda untuk membuat anak-anak divaksinasi campak. Dapatkan vaksin untuk menyelamatkan anak-anak Anda dari penyakit ini,” kata Abdul Rahman Zeeyai dari Masjid Darul Uloom Haji Ali Khan di Govandi usai pelaksanaan sholat Jumat, seperti dilansir The Indian Express, Sabtu (26/11/2022). 

 

Masjid-masjid di Bhiwandi menginformasikan lokasi pusat vaksinasi sehingga orang tua dapat mudah memvaksinasi anak-anaknya. "Kami telah memilih lima hingga enam madrasah tempat kamp vaksinasi dapat diadakan. Untuk memberi tahu orang tua, masjid diminta mengumumkan lokasi kamp setelah sholat Jumat di Bhiwandi,” kata Bushra Shaikh, petugas medis BMC di Bhiwandi.

 

Umat Muslim di Govandi maupun Bhiwandi banyak tinggal di daerah kumuh. Mereka memiliki keragu-raguan melakukan vaksinasi. Para pejabat mengatakan mereka juga meminta sekolah-sekolah lokal untuk mewujudkan kesadaran. 

 

"Kami meminta guru sekolah dan kepala sekolah menasehati orang tua agar tidak ragu-ragu terhadap vaksin. Mereka juga telah diminta untuk mengidentifikasi anak-anak yang belum disuntik,” kata petugas medis BMC di Govandi, Upalitra Waghmarem.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA