Sabtu 26 Nov 2022 00:12 WIB

Rooney Minta Timnas Inggris Jangan Sampai Remehkan AS

Inggris tampil impresif pada partai perdana.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Wayne Rooney
Foto: Dok. IG Wayne Rooney
Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID,AL KHOR -- Wayne Rooney turut bereaksi jelang laga Inggris melawan Amerika Serikat. Duel lanjutan di Grup B Piala Dunia 2022 itu berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Sabtu (26/11) dini hari WIB.

Rooney salah satu legenda hidup the Three Lions. Kini ia menjalani hari-harinya sebagai pelatih DC United di Major League Soccer (MLS). Wajar jika ia dinilai kompeten membahas pra-pertandingan antara skuat Negeri Ratu Elisabeth vs armada Paman Sam.

Baca Juga

Ia berharap para yuniornya menunjukkan kewaspadaan penuh. Benar bahwa Inggris tampil impresif pada partai perdana. Tapi kali ini, situasinya berbeda.

"Ini akan menjadi tantangan yang sama sekali berbeda dibandingkan ketika Inggris menghadapi Iran. Ini pertandingan yang sulit," kata Rooney, dikutip dari dailymail.co.uk, Jumat (26/11).

Ia menyaksikan anak asuh Gareth Southgate membungkam Team Melli, 6-2. Di laga lainnya, AS bermain imbang 1-1 dengan Wales. Menurut Rooney, saat itu Tyler Adams dan rekan-rekan menunjukkan performa berkelas.

Terutama pada babak pertama. Skuat polesan Gregg Berhalter memindahkan bola dengan cepat. Kemudian sangat agresif dan berenergi.

Rooney memprediksi The Stars and Stripes akan memakai pendekatan yang sama ketika jumpa Inggris. AS dinilai memiliki amunisi yang cukup untuk memainkan taktik tersebut. Beberapa mentas di level tinggi di Eropa.

Lima di antaranya, Christian Pulisic, Weston McKennie, Yunus Musah, Brenden Aaronson, serta Adams. Itu belum ditambah sejumlah jugador Negeri Paman Sam yang berpetualang di MLS. Rooney menegaskan kompetisi domestik di AS itu terus mengalami peningkatan level.

Keadaan demikian, otomatis menghasilkan individu berbakat. Para pemain Amerika Selatan ada yang berkarier di sana. Begitu juga dengan pelatihnya.

"MLS mungkin bukan Liga Primer, tapi levelnya jauh lebih tinggi dari Divisi Championship," ujar juru taktik 37 tahun ini.

Ia menerangkan, setiap tim di MLS selalu berusaha menekan tinggi, dan menguasai bola. Itu sudah sesuai tuntutan sepak bola modern. Timnas AS memakai cara serupa ketika bermain.

"Ini bisa mengejutkan Inggris, jika Inggris meremehkan mereka," ujar Rooney.

Kemenangan bisa membuat the Three Lions memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Sementara bagi AS, andai meraih tiga poin, mempermudah tugas mereka. Pada partai terakhir, the Stars and Stripes menghadapi Iran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement