Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Kemenag Berupaya Tingkatkan Kompetensi-Kesejahteraan Guru

Sabtu 26 Nov 2022 05:02 WIB

Red: Gita Amanda

Kementerian Agama (Kemenag) berupaya meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan para guru di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (ilustrasi).

Kementerian Agama (Kemenag) berupaya meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan para guru di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (ilustrasi).

Foto: Dok Pribadi
Guru sebagai pendidik menjadi bagian penting dalam pembangunan masyarakat Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) berupaya meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan para guru di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada Guru dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN) diperingati secara serentak di seluruh Indonesia setiap tanggal 25 November," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, di Manado, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan hal tersebut sebagai ungkapan terima kasih dan apresiasi terhadap peran dan jasa-jasa para guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru sebagai pendidik menjadi bagian penting dalam pembangunan masyarakat Indonesia.

Guru juga, katanya, menjadi tonggak utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sangat layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Kementerian Agama sangat menghargai perjuangan dan jasa-jasa para guru. Tahun ini, dalam rangka peringatan HGN, Kementerian Agama mengangkat tema "Berinovasi Mendidik Generasi".

 

Upaya peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru dilakukan Kementerian Agama melalui berbagai program, di antaranya penambahan kuota Pendidikan Profesi Guru (PPG), Program Madrasah Reform (MEQR), pemenuhan Tunjangan Profesi Guru (TPG), dan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Peran guru yang tiada batas dalam berdedikasi dan berinovasi mendidik generasi tentu membutuhkan pribadi yang mau belajar.

Sarbin Sehe berharap guru dapat mengembangkan inovasi dan tidak pernah berhenti belajar dalam menjalankan perannya sebagai pendidik generasi khususnya dalam menghadapi tantangan zaman.

Memasuki era digital, paradigma belajar dan mengajar perlu direspon dengan tren kekinian, menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta didik. Namun demikian, peran guru sepanjang sejarah dalam dunia pendidikan sudah sangat baik.

Tak lupa Kakanwil menyampaikan rasa terima kasih dan ucapan selamat untuk seluruh guru atas dedikasi yang tiada batas, khususnya untuk para guru di Provinsi Sulawesi Utara. "Selamat memperingati Hari Guru untuk semua guru di seluruh negeri, khususnya di Sulawesi Utara. Terima kasih atas jasa, dedikasi dan perjuangannya memajukan bangsa melalui dunia pendidikan, terus berinovasi dalam mendidikgenerasi untuk Indonesia," tutur Kakanwil Sarbin Sehe.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA