Jumat 25 Nov 2022 22:14 WIB

Livescore; Bekap Qatar 3-1, Senegal Buka Asa Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia

Dengan hasil maka Senegal berpeluang besar lolos ke fase gugur.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ismail Jakobs dari Senegal (kanan) menggiring bola melewati Assim Madibo dari Qatar selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Qatar dan Senegal, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Jumat, 25 November 2022.
Foto: AP/Darko Bandic
Ismail Jakobs dari Senegal (kanan) menggiring bola melewati Assim Madibo dari Qatar selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Qatar dan Senegal, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Jumat, 25 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Senegal membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia, usai mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 3-1, Jumat (25/11). Sementara peluang Qatar bisa dibilang telah sirna, karena harus melawan di laga terakhir Grup A. Tampil di Al Thumama Stadium, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun empat gol tercipta di babak kedua.

Selama 15 menit pertama, kedua kesebelasan masih kesulitan untuk menciptakan peluang emas. Senegal membuka ancaman pada menit 16, setelah Diatta mendapatkan peluang dari sisi kiri. Namun tendangannya masih bisa ditepis kiper Barsham.

Baca Juga

Gueye nyaris menjebol gawang tuan rumah pada menit 24. Namun tendangannya dari luar kotak penalti masih sedikit melebar dari gawang. Juara Piala Afrika tahun lalu itu akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit 40.

Berawal dari kesalahan antisipasi dari Khoukhi, Boulaye Dia menyambar bola liar dan tak mampu dihalau Barsham. 1-0 untuk Senegal. Unggul 1-0 membuat Senegal lebih nyaman dan lebih banyak menguasai bola. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Senegal langsung menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Berawal dari sepak pojok. Diedhiou mampu menyundul bola dengan sempurna untuk merobek gawang Qatar tiga menit babak kedua berjalan.

Qatar baru mendapatkan peluang terbaiknya pada menit 60, saat Abdelkarim melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang, bola masih melebar tipis dari gawang. Semenit kemudian, giliran Almoez yang memberikan ancaman untuk Senegal. Tapi tendangan kaki kirinya masih bisa ditepis kiper Edouard Mendy.

Kiper Chelsea itu kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit 67, setelah menepis tendangan Mahmoud dari jarak dekat. Upaya tuan rumah mengejar gol akhirnya terwujud pada menit 77. Pemain pengganti, Muntari, mampu menyundul bola dengan baik memanfaatkan umpan dari Mahmoud untuk menaklukan Mendy dan membuat skor jadi 2-1.

Tapi Senegal membuktikan kelas mereka dengan kembali memperlebar keunggulan tujuh menit kemudian. Dieng mampu memaksimalkan umpan tarik dari Ndiaye dengan tendangan kaki kanannya, sehingga skor menjadi 3-1 untuk Senegal. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement