Jumat 25 Nov 2022 17:36 WIB

Warga Lubuk Basung Temukan Bunga Bangkai Saat Hendak Berburu

Diperkirakan bunga bangkai sudah mekar 8 sampai 10 hari.

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)
Foto: ANTARA FOTO
Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG - Seorang warga di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menemukan spesies bunga langka yakni Bunga Bangkai. Warga yang menemukan tersebut bernama Olwi Merta warga  Dusun Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung.

Ia menemukan bunga bangkai di perkebunan warga di Dusun Taratak, Jorong III Nagari Garagahan. "Saya menemukannya setelah tercium aroma bangkai. Dan ternyata berasal dari bunga bangkai. Tak jauh dari lokasi saya berburu," kata Olwi, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga

Saat ditemukan, kondisi bunga bangkai tersebut sudah mengerucut. Kelopak bunganya penuh dengan robekkan. Tinggi bunga tersebut diperkirakan lebih kurang 2 meter.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra, mengatakan, bunga tersebut merupakan tanaman langka yang memiliki nama latin Amorphophallus titanum.

Menurut Ade, bila dilihat dari bentuknya sekarang, tanaman ini berada di fase generatif (berbunga). Diperkirakan bunga tersebut sudah mekar 8-10 hari.

Ade menyebut tanaman ini memiliki dua fase. Pertama fase vegetatif, di mana tanaman masih berupa tangkai, daun dan barang. Sedangkan fase yang kedua adalah fase generatif, yaitu tanaman sudah menunjukkan bunga.

“Amorphophallus Titanum ini tanaman yang dilindungi UU nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati,” kata Ade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement