Jumat 25 Nov 2022 04:51 WIB

Berkah Piala Dunia Qatar: Banyak Pengunjung Non Muslim Mencoba Pakai Hijab

Piala Dunia dijadikan Qatar sebagai ajang memperkenalkan Islam

Rep: Imas Damayanti, Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
 Maskot Piala Dunia Qatar, Laeeb, ditampilkan saat upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar. Piala Dunia dijadikan Qatar sebagai ajang memperkenalkan Islam
Foto: AP/Hassan Ammar
Maskot Piala Dunia Qatar, Laeeb, ditampilkan saat upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar. Piala Dunia dijadikan Qatar sebagai ajang memperkenalkan Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Piala Dunia menjadi ajang dakwah Islam untuk para pendukung sepakbola dari berbagai negara. Dampak dakwah ini juga tampak dari sejumlah pengunjung yang mencoba memakai hijab hingga ada yang masuk Islam. 

Penggemar Piala Dunia di Qatar banyak mencoba menggunakan hijab untuk pertama kalinya meski mereka bukan seorang Muslimah.  

Baca Juga

Dilansir di About Islam, Kamis (24/11/2022), dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial, beberapa penggemar Piala Dunia di Doha terlihat mencoba hijab untuk pertama kalinya dalam hidup mereka. 

Islam melihat jilbab sebagai identitas dan sebagian menganggapkan merupakan pakaian wajib, bukan simbol agama yang menampilkan afiliasi seseorang. 

Dalam sebuah video yang belum dapat diverifikasi AboutIslam keasliannya, diperlihatkan tentang keluarga asal Brazil yang memeluk Islam. 

Dalam peristiwa itu terjadi di desa budaya Katara di Doha. Keluarga Brazil diperlihatkan mengucapkan kalimat syahadat dengan dipandu oleh seorang ulama Yaman Hayyan Al-Yafei, dalam suasana bahagia. Tidak ada detail lebih lanjut yang tersedia di web tentang keadaan seputar video tersebut. 

Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar  berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember 2022. Edisi tahun ini akan menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan di Timur Tengah, yang pertama di negara mayoritas Muslim. Serta yang pertama diadakan pada akhir tahun kalender, pada November dan Desember 

Qatar telah meluncurkan inisiatif baru untuk memperkenalkan Islam kepada pengunjung selama turnamen internasional tersebut.

Menurut Aljazirah, kode QR baru ditambahkan di kamar tamu hotel Qatar yang memperkenalkan pengunjung kepada Islam dan budaya Qatar dalam semua bahasa. Kode QR tersebut mengarah ke halaman milik Kementerian Awqaf Qatar. Laman landas mencakup panduan pengantar Islam dalam berbagai bahasa.

Dilansir dari About Islam, Jumat (18/11/2022), kode tersebut juga menyandang logo Pusat Kebudayaan Islam Abdullah bin Zaid Al Mahmoud, yang berafiliasi dengan Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Qatar, yang meluncurkan inisiatif tersebut. 

Inisiatif tersebut bukanlah yang pertama. Bulan lalu, Qatar menempatkan beberapa mural di seluruh negeri dengan hadits Nabi Muhammad SAW untuk memperkenalkan Islam kepada para penggemar Piala Dunia yang akan datang.

Baca juga : Ronaldo Cetak Rekor! Pesepak bola Pertama Raih Gol di 5 Kali Ajang Piala Dunia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement