Jumat 25 Nov 2022 01:14 WIB

Jepang Siap Buat Kejutan Lagi Setelah Tenggelamkan Jerman

Peluang Jepang lolos ke 16 besar semakin besar jika mengalahkan Kosta Rika.

Para pemain Jepang merayakan berakhirnya pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jerman dan Jepang, di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.
Foto: AP /Luca Bruno
Para pemain Jepang merayakan berakhirnya pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jerman dan Jepang, di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Jepang Hajime Moriyasu mengatakan, mengalahkan Jerman dalam pertandingan pertama di Grup E Piala Dunia 2022 memberikan "ketenangan" bagi Samurai Biru. Mereka siap memberikan kejutan lainnya di Qatar.

Jepang bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan juara empat Piala Dunia tersebut dengan skor 2-1 pada Rabu (23/11/2022). Mereka kini mengincar tempat 16 besar dengan Kosta Rika sebagai lawan berikutnya.

Baca Juga

Moriyasu pada Kamis (24/11/2022) memimpin latihan fisik timnas Jepang dan diberi kejutan dengan semprotan air oleh anak-anak asuhnya saat berbicara kepada reporter. Sang pelatih tertawa dimandikan lebih awal, tetapi mengingatkan para pemainnya untuk tidak terlena dengan kemenangan bersejarah mereka.

"Yang kami pikirkan sekarang adalah pertandingan selanjutnya yang ada di depan kami, sama seperti biasa yang kami lakukan," kata Moriyasu seperti dikutip AFP.

"Pada hari pertandingan yang kami rayakan apabila kami menang atau kami rasakan frustrasi saat kalah, kami selalu memikirkan hal-hal yang bisa kami lakukan dengan lebih baik dan mulai mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya dengan cara positif."

Moriyasu mengatakan, timnya merasakan "ketenangan" setelah mengalahkan Jerman dan sebelum menghadapi Kosta Rika yang dihajar 0-7 oleh Spanyol pada pertandingan pembukanya, pada Ahad (27/11/2022) nanti.

Jepang harus bermain bertahan sekaligus menyerang melawan Jerman, sebelum mengejar ketertinggalan 0-1 lewat dua gol dari pemain cadangan Ritsu Doan dan Takuma Asano.

"Jerman adalah tim yang kuat dan saya tahu kami harus bertahan dengan baik dan juga menyerang," kata Moriyasu.

"Bukan hanya Jerman, kami memiliki kondisi ideal kami sendiri soal bagaimana kami ingin bermain tapi kami harus realistis dan bertahan di sana sesekali. Para pemain Jepang bisa melakukan itu."

Perubahan taktik juga membantu Jepang mengubah arah permainan ketika Moriyasu memasukkan pemain Arsenal Takehiro Tomiyasu dan berganti menggunakan tiga pemain bertahan.

"Anda boleh menerapkan taktik tapi tergantung para pemain bagaimana menjalankannya menyesuaikan apa yang terjadi di lapangan," kata sang pelatih. "Anda dapat melakukannya pada latihan dan membahasnya saat pertemuan tapi di lapangan Anda harus menerapkannya."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement