Kamis , 24 Nov 2022, 21:59 WIB

Livescore Piala Dunia; Korea Selatan Mampu Tahan Uruguay

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Uruguay Edinson Cavani (tengah) berebut bola dengan pemain Korea Selatan Hwang In-beom, kiri, dan Jung Woo-young selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia antara Uruguay dan Korea Selatan, di Stadion Kota Pendidikan di Al Rayyan, Qatar, Kamis (24/11/2022)..
Foto AP/Martin Meissner

Pemain Uruguay Edinson Cavani (tengah) berebut bola dengan pemain Korea Selatan Hwang In-beom, kiri, dan Jung Woo-young selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia antara Uruguay dan Korea Selatan, di Stadion Kota Pendidikan di Al Rayyan, Qatar, Kamis (24/11/2022)..

Uruguay banyak melakukan gempuran tapi Korsel sanggup menjaga skor tetap sama kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Uruguay harus berbagi poin saat melawan Korea Selatan pada matchday pertama Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Kedua tim sama-sama kuat dan memiliki peluangnya masing-masing, tapi tidak ada gol tercipta dalam pertandingan tersebut. 

Korea Selatan mendominasi penguasaan bola di lima menit pertama. Mereka mengurung Uruguay di area pertahanan sendiri. Tapi Uruguay bertahan dengan baik dari gempuran Korea Selatan di sepertiga terakhir. Mereka juga lebih mengandalkan serangan balik untuk mengancam.

Baca Juga

Dua menit berselang Sang-Ho mampu mengatasi Olivera menggunakan kecepatannya, tetapi Gimenez memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk menghalau upaya dari Korea. Di menit ke-9 Moon-Hwan memberikan umpan silang yang bagus untuk Korea Selatan tetapi Gimenez lagi-lagi membersihkan jalur.

Uruguay mulai keluar dan membangun serangan mereka dengan penguasaan bola di menit ke-15. Tetapi Korea Selatan sangat terorganisir dalam posisi bertahan mereka dan menyulitkan tim Amerika Selatan untuk menyerang.

Dua menit kemudian, Bentancur memainkan umpan tinggi kepada Olivera tetapi Moon-Hwan berhasil melakukan tugasnya dengan baik untuk mencegat umpan dan menjaga bola untuk timnya. Di menit ke-19 Uruguay punya peluang bagus dari Valverde saat menerima umpan Gimenez. Tapi tendangan setengah volinya masih terlalu tinggi.

Uruguay kembali mendapatkan peluang emas dari serangan balik di menit ke-28. Mereka maju dengan cepat dari serangan balik dan Olivera memiliki peluang untuk memberikan umpan terobosan kepada Nunez, tetapi umpannya lebih dekat kepada Seung-Gyu yang berhasil memblokir bola.

Korea Selatan mendapat peluang terbaik di menit ke-34. Itu tercipta saat Hwang Ui-Jo menerima umpan silang di tengah kotak penalti. Peluang itu seharusnya bisa dimaksimalkan untuk membawa Korea Selatan memimpin, tapi tendangan Hwang masih meleset tipis di atas mistar gawang. 

Uruguay hampir memimpin pertandingan saat di menit ke-44 saat Godin memenangkan sundulan dari umpan sepak pojok Valverde. Tetapi tandukannya masih membentur tiang kiri sebelum akhirnya kembali ke lapangan dan disapu keluar oleh pemain belakang Korea. Skor bertahan 0-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Korea Selatan masih konsisten memberikan ancaman ke lini pertahanan Uruguay. Mereka mendapatkan peluang emas saat Son mencoba menusuk ke kotak penalti tapi Gimenez berhasil membuat penyelamatan penting dengan tekel bersih untuk mencegah Son menembak ke gawang. 

Uruguay melancarkan serangan balik cepat di menit ke-63 setelah dikurung di area pertahanan sendiri selama hampir lima menit. Nunez menerima umpan jauh di sisi kiri dan menusuk ke kotak penalti. Namun percobaan umpannya ke tengah berhasil dipatahkan oleh kiper.

Di menit ke-70 Uruguay mulai menguasai penguasaan bola dan mengatur tempo permainan, namun Korsel tetap disiplin dalam bertahan. Dengan masuknya Cavani, Uruguay mengirimkan lebih banyak umpan silang untuk menggunakan kemampuan udara sang penyerang dan menemukan gol.

Son memenangkan bola di sisi kiri area pertahanan terakhir Uruguay. Ia mencoba melewati dua pemain belakang Uruguay sebelum melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Namun, bola tidak menemukan rekannya. Di menit ke-77 Gue-Sung mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, tapi tembakannya masih meleset.

Di menit ke-81, Nunez menerima umpan dari Cavani, kemudian mencari ruang untuk menembak ke tiang jauh. Di waktu bersamaan Cavani mencoba menyambut bola tapi telat sepersekian detik dan bola keluar lapangan. Dua menit kemudian, Nunez mengotak-atik bola di kotak penalti Korea, tapi umpannya kepada Pellistri terlalu deras.

Peluang lainnya dimiliki Uruguay di menit ke-90. Itu tercipta dari percobaan tendangan jarak jauh oleh Valverde, tapi tendangannya masih membentur sudut tiang gawang Korea. Sejurus kemudian balasan dilakukan Son juga dari jarak jauh dengan kaki kiri, tapi upayanya masih meleset di sisi kiri gawang. 

Tempo permainan semakin tinggi di menit-menit akhir. Tapi tambahan tujuh menit tidak merubah apapun. Kedua tim harus puas berbagi poin setelah bermain imbang tanpa gol setelah peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas uruguay korea selatan uruguay vs korsel piala dunia 2022 hasil piala dunia
Berita Terpopuler

Perjuangan Messi Melupakan Kekalahan di Partai Final Piala Dunia 2014

Senin , 07 Nov 2022, 17:10 WIB

Flashback; James Rodriguez, Sosok Fenomenal yang Muncul Selama Piala Dunia 2014 di Brasil

Jumat , 04 Nov 2022, 08:51 WIB

Kisah Adu Penalti Pertama di Piala Dunia 1982 dan Kebencian Terhadap Harald Schumacher

Senin , 31 Oct 2022, 18:54 WIB
Berita Lainnya