Kamis 24 Nov 2022 22:42 WIB

Danau Terbesar El Salvador Dibanjiri Sampah

Sampah yang menggunung di waduk berasal dari Sungai Lempa.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, LAKE SUCHITLAN -- Seekor kuda mengarungi lautan botol plastik, kaleng, dan lumpur hijau yang memenuhi danau air tawar terbesar di El Salvador. Ekosistem waduk Cerron Grande adalah rumah bagi ikan, burung air, dan mamalia asli seperti puma dan ocelot.

Situs ini seharusnya dilindungi menurut aturan yang berlaku tetapi pada kenyataannya itu salah satu perairan paling tercemar di Amerika Tengah. Padahal, danau tersebut dikenal secara lokal sebagai Suchitlan yang berarti "tempat bunga" dalam bahasa asli Nahuatl.

Baca Juga

Para perempuan sebelumnya mengemudikan perahu reyot akan bekerja dari fajar menyingsing untuk membuang sampah yang menutupi di Suchitlan. Usai pembersihan singkat, pemerintah memangkas anggaran kegiatan tersebut dan upaya tersebut kini telah ditinggalkan selama berminggu-minggu.

Sampah yang menggunung di waduk berasal dari Sungai Lempa yang mengalir dari dataran tinggi Guatemala melalui negara tetangga Honduras sebelum akhirnya bermuara di Cerron Grande yang terletak di kaki bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di El Salvador. Limbah ibu kota Salvador yang tidak diolah juga tersapu oleh Sungai Acelhuate sebelum mencapai Lempa, menumpuk lebih banyak lagi sampah.

Kota terdekat Potonico menjadi tempat paling terpukul oleh limbah tersebut. Pihak berwenang kota mengatakan, orang yang tinggal di sana tidak bertanggung jawab atas air yang tercemar. Namun, kesehatan dan mata pencaharian merekalah yang harus dibayar.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, sekitar seperlima dari sampah yang dihasilkan di negara kecil Amerika Tengah itu tidak diproses dengan benar. Artinya sekitar 845 ton sampah hanyut setiap hari di sungai, danau, dan pantai.

El Salvador adalah salah satu negara termiskin di Amerika Latin. Presiden Nayib Bukele sebagian besar berfokus pada penangkapan anggota geng dan meningkatkan ekonomi dengan taruhan kontroversial pada penambangan bitcoin yang sejauh ini hanya menunjukkan sedikit hasil.

 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement