Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Baznas Dirikan Pos Layanan Kesehatan Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur

Kamis 24 Nov 2022 19:50 WIB

Red: Hiru Muhammad

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendirikan Pos Layanan Kesehatan bagi warga terdampak gempa Cianjur, dan telah beroperasi di tiga lokasi yakni Desa Gasol Kec. Cugenang, Desa Ciremis, serta di Kampung Cariu Desa Mangunkarta.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendirikan Pos Layanan Kesehatan bagi warga terdampak gempa Cianjur, dan telah beroperasi di tiga lokasi yakni Desa Gasol Kec. Cugenang, Desa Ciremis, serta di Kampung Cariu Desa Mangunkarta.

Foto: s
Sampai hari ini tim medis Baznas telah memberikan layanan kesehatan bagi 203 pasien

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendirikan Pos Layanan Kesehatan bagi warga terdampak gempa Cianjur, dan telah beroperasi di tiga lokasi yakni Desa Gasol Kec. Cugenang, Desa Ciremis, serta di Kampung Cariu Desa Mangunkarta. 

"Sejak Senin (21/11/2022), Baznas bergerak cepat membantu memberikan layanan medis pertama bagi warga terdampak gempa sebelum di rujuk ke rumah sakit terdekat. Kami juga mendirikan layanan kesehatan di Desa Gasol dan Desa Ciremis," ujar Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan MA, di Kab. Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). 

Baca Juga

Saidah menjelaskan, sampai hari ini tim medis Baznas telah memberikan layanan kesehatan bagi 203 pasien termasuk para lansia, para ibu dan anak yang terdampak gempa. 

"Jumlah tersebut masih terus bertambah mengingat di beberapa lokasi warga masih banyak yang membutuhkan layanan kesehatan. Selain itu juga Baznas menyediakan 7 mobil ambulan yang berkeliling ke tempat yang membutuhkan bantuan," jelasnya. 

Menurut Saidah, ini adalah bentuk komitmen Baznas untuk meringankan beban dari pengungsi yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut. 

Saidah berharap, tim medis dari Rumah Sehat Baznas dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengungsi.  “Semoga di tengah-tengah keterbatasan tim yang ada, Baznas bisa ikut maksimal untuk membantu melayani kebutuhan para pengungsi,” katanya.

Tidak hanya itu, tim medis Rumah Sehat Baznas di RS R. Syamsudin Sukabumi juga turut membantu memberikan layanan kesehatan bagi pasien yang mengalami luka-luka akibat gempa. 

Hingga Rabu (23/11), Baznas telah menerjunkan 86 personel yang terdiri atas Baznas Pusat, Baznas Cianjur, Baznas Kab. Sukabumi, Baznas (BAZIS) DKI, Baznas Kab. Bandung, Baznas Kab.Bogor, Baznas Kab. Garut dan tenaga medis dari Rumah Sakit Baznas, Baznas Purwakarta, dan Baznas Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA