Kamis 24 Nov 2022 18:29 WIB

Babak Pertama, Swiss 0-0 Kamerun

Beberapa peluang didapatkan oleh kedua tim tapi tidak ada yang berhasil menjadi gol

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
 Skuad Swiss berpose sebelum pertandingan sepak bola grup G Piala Dunia antara Swiss dan Kamerun, di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Kamis, 24 November 2022.
Foto: AP/Ebrahim Noroozi
Skuad Swiss berpose sebelum pertandingan sepak bola grup G Piala Dunia antara Swiss dan Kamerun, di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Kamis, 24 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Swiss ditahan imbang di babak pertama saat menghadapi Kamerun pada matchday pertama Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11/2022) sore WIB.

Beberapa peluang didapatkan oleh kedua tim tapi tidak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Swiss mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Kamerun membiarkan lawan mereka menguasai bola di area pertahanan sendiri dan tidak mencova menekan kecuali ada ancaman yang datang ke sepertiga akhir. 

 

Peluang besar bagi Kamerun terjadi di menit ke-10 saat Mbeumo menerobos ke kiri kotak, mengabaikan Choupo-Moting di tengah dan memilih untuk menembak langsung ke tiang dekat tapi upayanya dapat ditepis kiper. Toko-Ekambi menyambar bola rebound tapi terlalu tinggi dari sasaran.

 

Di menit ke-23, Kamerun bergerak maju melalui Mbeumo yang menerima bola dari Anguissa. Ia berhasil mengecoh pemain belakang Swiss dan mengembalikan bola kepada Anguissa. Penguasaan bola dialihkan ke Ekambi di sebelah kiri tapi percobaan umpan silangnya diblokir.

 

Kedua tim sama-sama memanfaatkan winger masing-masing. Ekambi dan Mbeumo menerobos untuk Kamerun dan di pihak Swiss ada Vargas dan Shaqiri melakukan pekerjaannya dengan lebih banyak memberikan umpan silang ke dalam kotak.

 

Kerjasama yang baik dilakukan Mbeumo dan Choupo-Moting di menit ke-30. Mereka bermain satu-dua, Mbeumo kemudian mengoper bola ke Hongla yang berlari dari kanan tapi Sommer berhasil memblokir usahanya dilanjutkan dengan Widmer menyapu bola keluar.

 

Di menit ke-40 Castelletto melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan peluang Embolo. Embolo tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Onana tapi bek Kamerun datang untuk mengalihkan bola keluar untuk tendangan gawang.

 

Tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh kedua tim. Skor bertahan 0-0 hingga turun minum.

 

 

Susunan pemain kedua tim:

 

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo.

 

Pelatih: Murat Yakin 

 

Kamerun (4-3-3): Andre Onana; Collins Fai, Jean-Charles Castelletto, Nicolas Nkoulou, Nouhou Tolo; Frank Anguissa, Martin Hongla, Samuel Oum Gouet; Bryan Mbeumo, Eric Choupo-Moting, Karl Toko-Ekambi.

 

Pelatih: Rigobert Song 

Advertisement
Berita Lainnya