Kamis 24 Nov 2022 18:22 WIB

4 Manfaat Jus Seledri Bagi Tubuh

Jus seledri bisa menjadi alternatif untuk memastikan Anda mendapat cukup cairan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Seledri (ilustrasi)
Foto: www.pxhere.com
Seledri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jus seledri banyak manfaatnya untuk kesehatan. Cara terbaik untuk menuai manfaat seledri bagi kesehatan adalah dengan memakannya dalam bentuk makanan utuh. Namun, jika Anda suka membuat jus, tidak masalah.

Dilansir dari mindbodygreen pada Kamis (24/11/2022), terdapat beberapa potensi manfaat jus seledri bagi kesehatan. Berikut manfaat jus seledri untuk tubuh yaitu:

Baca Juga

 

Menghidrasi

 

 

Jika Anda kesulitan minum cukup air di siang hari, jus seledri bisa menjadi alternatif untuk memastikan Anda mendapat cukup cairan. Jus seledri bisa menjadi cara mudah untuk membantu Anda memenuhi target hidrasi tanpa menambahkan banyak gula ke dalam diet Anda. Sebab, jus seledri mengandung hampir 95 persen air.

 

Mengandung Vitamin

 

Seledri utuh mengandung vitamin dan mineral esensial, termasuk vitamin A, K, C, vitamin B (folat), beta-karoten (pendahulu vitamin A), kalsium, zat besi, magnesium, potasium, mangan, fosfor, fitonutrien dan serat. Saat membuat jus seledri, beberapa nutrisi penting dan fitonutrien tetap ada di dalam jus dan memberikan manfaat kesehatan.

 

Memiliki Sifat Anti Inflamasi

 

Kadar antioksidan dalam seledri cukup signifikan untuk membantu menghilangkan radikal bebas dan peradangan di dalam tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa penelitian ini adalah tentang seledri utuh, bukan jus seledri.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

 

Seledri utuh bertindak sebagai diuretik alami, yang berarti membantu mengurangi retensi air dan dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian menemukan bahwa jus seledri selama enam bulan yang diberikan kepada pria berusia 74 tahun dengan tekanan darah tinggi menurunkan tekanan darahnya dari 150/80mmHG menjadi 118/82mmHG3 tanpa modifikasi gaya hidup lain yang dilakukan dalam proses tersebut. Ini mungkin karena profil potasium seledri yang tinggi, yang membantu mengatur tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement