Kamis 24 Nov 2022 16:45 WIB

Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Sukses Gelar Workshop dan Test Basic Accounting

Workshop dan Test Basic Accounting digelar di Universitas BSI kampus Kramat 98

Workshop dan Test Basic Accounting digelar di Universitas BSI kampus Kramat 98.
Foto: UBSI
Workshop dan Test Basic Accounting digelar di Universitas BSI kampus Kramat 98.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagai upaya menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa sebelum menghadapi ujian test basic accounting, program studi (prodi) Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan workshop basic accounting. Kegiatan ini digelar di aula kampus Universitas BSI kampus Kramat 98 pada Rabu (16/11/2022).

Acara ini menghadirkan Hasanudin yang merupakan Unit Pengembangan Akademik Prodi Akuntansi Universitas BSI sebagai narasumber. Kegiatan ini turut menghadirkan Dwiyatmoko Puji Widodo selaku ketua prodi (Kaprodi) Akuntansi Universitas BSI. Dalam sambutannya, Dwiyatmoko mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh prodi Akuntansi tiap semester. 

Baca Juga

“Kegiatan ini juga menjadi acuan atau tolak ukur bagi mahasiswa terhadap kemampuan yang dimiliki tentang akuntansi dan laporan akuntansi. Bagi seluruh peserta workshop, silakan ambil manfaat dan ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber yang kami hadirkan. Jadikan kegiatan ini sebagai bentuk investasi untuk masa depan dan menjadi tolak ukur bagi kemampuan yang kita miliki,” ujar Dwiyatmoko dalam keterangan rilis, Rabu (23/11/2022). 

Hasanudin dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa akuntansi familiar bagi pelajar dan mahasiswa. Istilah akuntansi sangat familiar dengan seorang pebisnis karena akuntansi adalah kegiatan sehari-hari di dalam sebuah perusahaan. 

“Akuntansi merupakan suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan, dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya. Atau dapat disederhanakan sebagai proses pencatatan yang sistematis dan terperinci dari transaksi keuangan suatu bisnis,” jelas Hasanudin. 

Pada workshop ini, ia lebih berfokus untuk menjelaskan pada proses mengelola keuangan dan transaksi perusahaan secara manual atau tanpa bantuan software. Karena dilakukan secara manual, maka peran akuntan sangat penting. Seorang akuntan harus bisa mencatat, menghitung, dan membuat laporan keuangan. 

“Akuntansi sangat berperan karena merupakan sumber informasi keuangan suatu perusahaan. Bagian dalam sebuah akuntansi biasa disebut sebagai siklus akuntansi yang menyediakan berbagai macam transaksi pada setiap harinya dalam sebuah perusahaan. Berbagai transaksi dalam sebuah perusahaan dicatat secara berurutan dan dilakukan secara rutin oleh seorang akuntan,” imbuhnya. 

Ia berharap melalui kegiatan ini seluruh mahasiswa prodi Akuntansi Universitas BSI Kampus Digital Kreatif dapat menjadi akuntan profesional yang dapat mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement