Kamis 24 Nov 2022 16:31 WIB

PT KAI Luncurkan Kereta Blambangan Ekspres Rute Semarang-Banyuwangi

Kereta Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Tawang ke Ketapang pulang pergi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kereta melintas di samping proyek jalur ganda (double track).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kereta melintas di samping proyek jalur ganda (double track).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta baru yaitu KA Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang-Ketapang, Kabupaten Banyuwangi pulang pergi (PP) sekaligus memberikan tarif promo mulai dari Rp 150 ribu. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, PT KAI menghadirkan KA Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang.

"KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang dioperasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu," kata Joni di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Dia menjelaskan, KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan yang berlokasi di Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa. Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi.

Adapun KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat rangkaian eksekutif dan tiga rangkaian ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 s.d 31 Desember 2022.

KA Blambangan Ekspres keberangkatan Semarang akan berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang.

Sedangkan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Ketapang akan berhenti di stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang.

Untuk mengenalkan hadirnya KA Blambangan Ekspres kepada masyarakat, KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk periode keberangkatan 2 sampai 18 Desember 2022. "Dapatkan tiket KA Blambangan Ekspres kelas Eksekutif hanya Rp 250 ribu dan kelas Ekonomi hanya Rp 150 ribu," kata Joni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement