Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Pentingnya Membangun Masjid, GM Bakrie Amanah: Masjid adalah Pusat Peradaban

Kamis 24 Nov 2022 14:42 WIB

Red: Gita Amanda

Kelompok usaha Usaha Bakrie melalui termasuk Bakrie Amanah juga turut berperan dalam pembangunan-pembangunan masjid di wilayah-wilayah Indonesia terutama di daerah penyintas bencana.

Kelompok usaha Usaha Bakrie melalui termasuk Bakrie Amanah juga turut berperan dalam pembangunan-pembangunan masjid di wilayah-wilayah Indonesia terutama di daerah penyintas bencana.

Foto: Bakrie Amanah
Peran masjid adalah untuk turut aktif dalam memaksimalkan peran masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain berfungsi sebagai tempat Ibadah umat muslim, masjid juga berfungsi sebagai pusat peradaban dan juga termasuk tempat untuk pertumbuhan ekonomi umat serta tempat aktivitas masyarakat, musyawarah dan sentra pengembangan ekonomi umat. Banyak hal yang bisa direalisasikan melalui masjid untuk tujuan kemaslahatan umat secara luas. Di beberapa tempat dalam beberapa kasus, terkadang Masjid juga sering dijadikan sebagai posko kebencanaan dan tempat berlindung masyarakat.

Inilah alasan betapa pentingnya peran masjid di setiap wilayah. Bahkan saat Rasulullah melakukan hijrah dari Makkah menuju Madinah, hal yang pertama kali dilakukan adalah membangun masjid.

Dalam upaya menjujung tinggi peran Rasulullah dalam kemakmuran terhadap keberadaan masjid ini, kelompok usaha-usaha Bakrie melalui termasuk Bakrie Amanah juga turut berperan dalam pembangunan-pembangunan masjid di wilayah-wilayah Indonesia terutama di daerah penyintas bencana. Tercatat, Bakrie Amanah telah berkontribusi terhadap pembangunan Masjid Jihadul Islam di Kabupaten Lombok Utara, Masjid Al Al-Bakrie Lero di Kabupaten Donggala dan yang terbaru akan dilakukan pembangunan masjid raya di Provinsi Lampung, tepatnya di kota Bandar Lampung yang baru saja dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah Provinsi Lampung dengan Bakrie Amanah baru saja dilakukan pada tanggal 17 November 2022 kemarin yang lalu.

photo
Kelompok usaha Usaha Bakrie melalui termasuk Bakrie Amanah juga turut berperan dalam pembangunan-pembangunan masjid di wilayah-wilayah Indonesia terutama di daerah penyintas bencana. - (Bakrie Amanah)
General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, juga pernah dalam satu kesempatan mengatakan dalam bahwa salah satu agenda sosial keagamaan Bakrie Amanah bahwa peran masjid adalah untuk turut aktif dalam memaksimalkan peran masjid. Hal ini perlu dilaksanakan, masih menurut Ihsan, mengingat masjid dengan salah satu fungsinya sebagai tempat musyawarah warga mempunyai potensi besar dalam membangun kembali kemakmuran masyarakat dari sisi ekonomi setelah melewati pascapandemi Covid-19. yang cukup memberatkan masyarakat dan juga tempatnya pusat keilmuan-keilmuan.

“Bakrie Amanah, melalui program Dakwah Untuk Negeri, akan mengambil peran dalam pembinaan masjid-masjid khususnya yang berada di wilayah Kelompok Usaha Bakrie dan yang dibangun oleh Bakrie Amanah dalam memkasimalkan perannya di tengah masyarakat.  secara langsung berkontribusi dalam kemakmuran masjid-masjid yang dibangun oleh kelompok usaha Bakrie terutama di daerah penyintas. Sebagai contoh, Saat ini terdapat 2 Masjid Binaan Bakrie Amanah di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Donggala, saat ini telah berperan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar khususnya dalam aspek pengembangan ekonomi umat. Kedua masjid ini kami terus monitor dari sisi aktivitas dan juga kemakmurannya. Alhamdulillah Masjid Jihadul Islam di Lombok telah menjadi pusat perkumpulan masyarakat di dusun kopang dan juga tempat berdiskusi terkait program pemberdayaan Bakrie Amanah yang berjalan yaitu budidaya lebah madu trigona,” ujar jelas Setiadi Ihsan, dalam siaran pers.

Sedangkan Lebih lanjut Ihsan menjelaskan bahwa Masjid Jihadul Ihsan telah menjadi pusat pertemuan warga dalam mendiskusikan program pemberdayaan madu trigona, sedangkan Masjid Al Al-Bakrie Lero yang berada di Kabupaten Donggala menurut Setiadi Ihsan juga telah berperan sangat penting sebagai akses informasi masyarakat yang cepat. 

Di masjid ini juga telah banyak dilakukan pusat aktivitas sosial seperti khitanan masal, kegiatan Maulid dan kegiatan rutin, yaitu adalah sebagai tempat berkumpulnya para remaja masjid untuk belajar agama dan. Tercatat sudah banyak anak-anak dan remaja yang mulai menghafal Alquran di Masjid Al Bakrie Lero.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA