Kamis , 24 Nov 2022, 11:56 WIB

Jelang Hadapi Korsel, Diego Alonso Sebut Uruguay Tim Bertabur Bintang

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Israr Itah
Pelatih Uruguay Diego Alonso
Foto AP/Jorge Saenz

Pelatih Uruguay Diego Alonso

Alonso menilai Uruguay bisa berbuat banyak dengan sederet bintangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih Uruguay Diego Alonso meyakini La Celeste memiliki deretan pesepak bola terbaik dunia. Itu dikatakannya menjelang bentrokan pertama melawan Korea Selatan (Korsel) pada fase Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Kamis (24/11/2022) malam WIB.

"Pemain Uruguay adalah yang terbaik di dunia, mereka membela kami dengan susah payah," kata Diego Alonso dilansir Sport Star, Kamis.

Baca Juga

Meski pernah merengkuh trofi Piala Dunia dua kali pada 1930 dan 1950, popularitas Uruguay dalam beberapa dekade terakhir justru merosot. Mereka kalah pamor dari Argentina dan Brasil, dan hanya sekadar kuda hitam saat mentas di kejuaraan global.

Namun Alonso menolak tudingan tersebut, ia menegaskan La Celeste memiliki segudang pemain yang dapat menggetarkan jagat lapangan hijau semacam Luis Suarez, Diego Godin, Edinson Cavani, Federico Valverde, dan bakat muda Darwin Nunez. Terlebih saat ini Alonso menilai timnya memiliki antusiasme dalam persiapan pertandingan pertama melawan Korsel.

"Modal serta alat yang kami miliki adalah perasaan antusiasme tinggi dari para pemain. Bagaimana mereka mengidentifikasi diri mereka sendiri, dan rasa memiliki yang tinggi," kata Alonso.

Jadi, bukan tidak mungkin negara dengan populasi penduduk 3,5 juta orang itu memiliki kemampuan untuk menghadirkan kejutan pada fase Grup H.

Di sisi lain, Alonso mengeklaim pernyataannya bukan tentang arogansi melainkan mengacu pada kemampuan para pemain yang bermain di level elite sepak bola Eropa.

"Ketika saya mengatakan pemain Uruguay adalah yang terbaik di dunia, itu karena mereka adalah pemain saya. Para pemain menghormati tim dan negara, itu sebabnya mereka yang terbaik," ujarnya.

Alonso bergabung dengan Uruguay pada Desember tahun lalu, menggantikan Oscar Tabarez yang memimpin tim nasional selama 15 tahun.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
piala dunia qatar 2022 piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia uruguay korea selatan korsel uruguay vs korsel diego alonso
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya