Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Pesawat Ruang Angkasa Orion NASA Sempat Hilang Kontak

Kamis 24 Nov 2022 11:14 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Foto situasi kabin Orion saat penerbangan menuju bulan. Ada 3 penumpang eksperimen.

Foto situasi kabin Orion saat penerbangan menuju bulan. Ada 3 penumpang eksperimen.

Foto: nasa
Hilang kontak terjadi selama 47 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tiba-tiba kehilangan kontak dengan kapsul Orion yang menuju bulan Rabu (23/11/2022) pagi. Alasan hilang kontak belum diketahui dengan jelas.

Kapsul Orion tanpa awak telah bekerja dengan baik sejak diluncurkan ke bulan Rabu (16/11/2022) lalu dalam misi Artemis 1 NASA. Namun, Rabu (23/11/2022) ada kejadian tak terduga.

Baca Juga

Pengendali misi kehilangan komunikasi dengan Orion pada pukul 01.09 EST saat mengonfigurasi ulang tautan antara kapsul dan Deep Space Network, kumpulan piringan radio yang digunakan NASA untuk berbicara dengan pesawat luar angkasanya yang sangat jauh.

“Konfigurasi ulang telah berhasil dilakukan beberapa kali dalam beberapa hari terakhir, dan tim sedang menyelidiki penyebab hilangnya sinyal,” tulis pejabat NASA dalam pembaruan singkat pada Rabu (23/11/2022), dilansir dari Space.

“Insinyur sedang memeriksa data dari peristiwa tersebut untuk membantu menentukan apa yang terjadi, dan petugas komando juga penanganan data akan menghubungkan data yang direkam di Orion selama pemadaman untuk disertakan dalam penilaian itu.”

Hilang komunikasi berlangsung selama 47 menit. Orion keluar dalam kondisi yang baik. Pesawat ruang angkasa itu tidak mengalami efek buruk. Orion sedang bersiap untuk manuver penting.

Orion dijadwalkan untuk melakukan pembakaran mesin pada Jumat (25/11/2022) yang akan memasukkan kapsul ke orbit di sekitar bulan. Jika semuanya berjalan lancar, Orion akan tetap berada di orbit itu selama sekitar satu pekan, lalu kembali ke Bumi pada 1 Desember.

Kapsul akan tiba di sini dengan penerjunan dengan bantuan parasut di Samudra Pasifik di lepas pantai California pada 11 Desember.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA