Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Survei: Masyarakat Dukung Erick Thohir Jabat Ketum PSSI

Rabu 23 Nov 2022 23:45 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Erick Thohir. Masyarakat mendukung Menteri BUMN Erick Thohir pimpin PSSI

Ilustrasi Erick Thohir. Masyarakat mendukung Menteri BUMN Erick Thohir pimpin PSSI

Foto: Agus Suparto
Masyarakat mendukung Menteri BUMN Erick Thohir pimpin PSSI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Lembaga survei Polling Institute menyatakan, berdasarkan hasil survei mereka, masyarakat mendukung Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI berikutnya.

"Dari 13 pilihan nama, sebanyak 17,6 persen responden memilih Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI, tertinggi dibandingkan yang lain," ujar peneliti Polling Institute Muhamad Akib, dalam pemaparan hasil survei berjudul "Suksesi dan Kinerja PSSI: Persepsi dan Evaluasi Publik", yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga

Menurut Akib, tingginya pilihan masyarakat tersebut diduga karena Erick Thohir kerap tampil di pemberitaan media setelah terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Setelah tragedi Kanjuruhan itu, Erick menjadi utusan Presiden Joko Widodo untuk menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Qatar guna membicarakan soal sepak bola Indonesia yang dilanda peristiwa Kanjuruhan.

Kemudian, sosok Erick Thohir juga sudah populer lantaran sempat menjadi Presiden klub sepak bola ternama Italia Inter Milan dan memiliki klub sepak bola Amerika Serikat DC United.

"Erick Thohir pun memiliki saham di beberapa klub yang berkompetisi di Indonesia," kata Akib.

Survei tersebut dilakukan Polling Institute kepada 1.205 orang dalam rentang waktu 10-15 November 2022 melalui telepon.

Responden yang mereka pilih adalah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan berlokasi di seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun 12 nama lain yang ditanyakan bersamaan dengan Erick Thohir (17,6 persen) yaitu Kaesang Pangarep (6,0 persen), Dede Yusuf (5,1 persen), Mahfud MD (4,3 persen), Mochamad Iriawan (3,7 persen), Hary Tanoesoedibjo (3,5 persen), Nurdin Halid (2,6 persen), Azrul Ananda (2,2 persen), Achsanul Qosasi (2,0 persen), Dudung Abdurachman (2,0 persen), Prananda Surya Paloh (2,0 persen), Ratu Tisha Destria (1,4 persen) dan La Nyala Mattalitti (0,1 persen).

Polling Institute juga mengerucutkan perbandingan tersebut menjadi delapan nama, enam nama dan empat nama, tetapi Erick Thohir tetap menjadi pilihan tertinggi di masyarakat.

Sebelumnya, pada pertengahan November 2022, lembaga survei lain, Indikator, juga menyatakan bahwa Erick Thohir mendapatkan dukungan dari 24,1 persen responden untuk menjadi Ketua Umum PSSI, mengungguli tujuh nama lain.

PSSI akan menggelar kongres luar biasa (KLB) untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif (Exco) anyar pada 16 Februari 2023.

Sebelum itu, akan dilaksanakan Kongres Biasa untuk penentuan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 14 Januari 2023.   

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA