Rabu 23 Nov 2022 22:56 WIB

Livescore Piala Dunia; Jepang Taklukkan Jerman 2-1

Jerman sebenarnya sempat unggul lebih dulu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Penjaga gawang Jepang Shuichi Gonda merayakan berakhirnya pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jerman dan Jepang, di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.
Foto: AP/Luca Bruno
Penjaga gawang Jepang Shuichi Gonda merayakan berakhirnya pertandingan sepak bola grup E Piala Dunia antara Jerman dan Jepang, di Khalifa International Stadium di Doha, Qatar, Rabu, 23 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Jepang sebagai tim yang tidak diunggulkan berhasil membalikkan keadaan saat melawan Jerman pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Jepang bangkit di babak kedua untuk mengamankan kemenangan 2-1 dari Jerman. 

Jerman memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Gnabry mencoba menekan area pertahanan Jerman menuju kotak penalti. Tapi upayanya mampu dihentikan oleh pemain belakang Jepang.

Baca Juga

Sementara itu, serangan pertama Jepang di menit ke-8 berhasil menembus pertahanan Jerman. Daizen Maeda bahkan berhasil menceploskan bola ke gawang saat memaksimalkan umpan dari Junya. Tapi itu dianulir karena Daizen berada dalam posisi offside.

Jerman mendominasi penguasaan bola di 15 menit pertama dan terus menekan dengan garis pertahanan akhir yang begitu tinggi. Tapi belum ada ancaman berarti yang mampu mereka sasarkan ke gawang Jepang. 

Peluang pertama beru didapatkan Jerman di menit ke-16 dari sepak pojok. Itu menjadi tendangan sudut pertama yang didapat Jerman. Tapi tandukan Rudiger saat menerima umpan masih meleset di sisi kiri gawang.

Di menit ke-20, Jerman kembali mendapatkan peluang saat Kimmich berhasil melesatkan tendangan keras tak jauh dari luar kotak penalti. Tapi tendangan tepat sasaran itu berhasil ditepis oleh kiper Shuichi Gonda. 

Tujuh menit berselang, peluang lain dimiliki Jerman. Kali ini, Guendogan yang melesatkan bola ke gawang saat melanjutkan umpan dari Gnabry di sisi kanan. Namum tendangannya berhasil diamankan kiper. Shuichi juga melakukan penyelamatan penting lainnya sejurus kemudian.

Jerman mendapatkan hadiah penalti di menut ke-32 dari pelanggaran yang dilakukan oleh Shuichi kepada Raum. Guendogan mengambil tugas tersebut dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Jepang untuk memimpin 1-0.

Jerman terus menggempur pertahanan Jepang di waktu yang tersisa. Mereka sebetulnya berhasil menambah gol di menit-menit akhir saat Havertz memaksimalkan umpan di depan gawang. Tapi itu dianulir karena offside Havertz. Skor bertahan 1-0 untuk Jerman hingga turun minum.

Gnabry membuka peluang pertama bagi Jerman di babak kedua. Tendangan kaki kanan dari kanan kotak penalti ke tiang dekat masih meleset tipis di atas mistar gawang. Hanya butuh waktu kurang dari dua menit bagi Jerman untuk mendapatkan peluang tersebut.

Di kubu Jepang, akselerasi dari Ito pada menit ke-50 sempat menyulitkan pertahanan Jerman. Tapi ia kehilangan keseimbangan dan kehilangan bola, Kamada kemudian menyambar dengan tendangan ke gawang tapi meleset. 

Sejurus kemudian, Musiala bermanuver di kotak penalti Jepang. Tapi penyelesaiannya masih meleset di atas mistar. Di menit ke-56, Shuichi kembali melakukan penyelamatan penting untuk menghentikan upaya Havertz. 

Gundogan hampir menggandakan keunggulan di menit ke-60 saat ia menerima umpan dari Musiala di luar kotak penalti. Gundogan yang melihat ruang langsung melepaskan tembakan tapi masih membentur tiang. Jepang membalas dengan serangan balik. Peluang dimiliki Asano di sisi kiri. Tapi tendangannya masih meleset.

Jepang mulai bangkit dengan lebih banyak memberikan ancaman di area pertahanan Jerman. Di menit ke-69 Asano kembali mendapatkan peluang di kotak penalti saat menerima umpan dari Sakai. Tapi berhasil diblokir oleh Rudiger. 

Penyelamatan krusial dilakukan Shuichi dari percobaan bertubi-tubi ke gawang oleh beberapa pemain Jerman di menit ke-71. Percobaan terakhir dari Gnabry akhirnya mengakhiri gelombang serangan Jerman yang menghasilkan tendangan sudut.

Jepang akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-75. Ritsu Doan yang baru bermain kurang dari 10 menit berhasil menyarangkan bola ke gawang Jerman dari bola rebound yang ditepis oleh Neuer. Skor sementara imbang 1-1 untuk kedua tim

Jepang membalikkan keadaan di menit ke-83. Asano berhasil memaksimalkan umpan jauh dari area pertahanan sendiri. Ia memenangkan duel dengan Schlotterbeck dan melesakkan bola ke gawang dari tiang dekat. Skor 2-1 untuk Jepang.

Jerman berjuang keras untuk mengejar ketertinggalan mereka di waktu yang tersisa. Namun setelah tambahan waktu tujuh menit, tidak ada gol lagi tercipta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement