Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Hal yang Dilakukan Rasulullah Setelah Pulang dari Perjalanan

Kamis 01 Dec 2022 03:41 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

Hal yang Dilakukan Rasulullah Setelah Pulang dari Perjalanan

Hal yang Dilakukan Rasulullah Setelah Pulang dari Perjalanan

Foto: Republika.co.id
Rasulullah selalu menyempatkan berdoa untuk orang-orang yang ada di dekatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu menyempatkan berdoa untuk orang-orang yang ada di dekatnya. Orang yang sering mendapat doa dari Rasulullah adalah cucunya Hasan dan Husein. 

Doa Rasulullah untuk kedua cucunya ini ditulis Syekh Al-Izz Bin Abdus Salam dalam kitabnya Syajaratul Ma'arif. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menggendong Hasan di atas pundaknya dan berkata, "Ya Allah, sesungguhnya aku mencintainya, maka cintaialah dia," (HR Al-Bukhari).

Baca Juga

Abdullah bin Ja'far Radiallahu anhu berkata, "Jika Rasulullah datang dari perjalanan, maka dia segera menemui anak-anak kecil dari keluarganya. Maka, tatkala beliau datang dari sebuah perjalanan, aku segera menemuinya. Sehingga, dia segera menggendongku kemudian didatangkan padanya lagi dua anak Fatimah (Hasan dan Husein) yang kemudian dia naikkan di belakangnya. Kemudian kami bertiga dimasukkan Madinah dengan menunggang binatang," (HR.Muslim).

Abdullah bin Ja'far radhiyallahu berkata kepada Abdullah bin Zubair radhiallahu Anhu, "Apakah kamu ingat saat kita berjumpa dengan Rasulullah yakni aku, Ibnu Abbas dan kamu sendiri.  Rasulullah membawa kami berdua dan meninggalkanmu," (HR. Al Bukhari).

"Rasulullah menggendong Umamah binti Abdul Ash pada saat sholat," (HR Al Bukhari).

Rasulullah mengatakan, apa yang dilakukannya itu adalah bentuk kebaikan kerendahan hati dan kelembutan sikap kepada mereka, serta seruan kepada manusia untuk senantiasa berendah diri. Sedangkan mencium mereka atau memeluk anak-anak adalah sebuah kasih sayang pada mereka. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA