Rabu 23 Nov 2022 15:53 WIB

Kemensos Bantu Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih di Gunungkidul

Warga yang sebelumnya menggunakan air yang keruh dan berkapur kini nikmati air bersih

Menteri Sosial Tri Rismaharini
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Menteri Sosial Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial telah membangun instalasi pengolahan air untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih di bagian wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu (23/11/2022), Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa instalasi pengolahan air terpadu telah dibangun di Desa Gombang, Kecamatan Ponjong, yang sering mengalami kekeringan.

Instalasi pengolahan air terpadu yang dibangun dalam Program Keserasian Sosial tersebut diresmikan pada Senin (21/11/2022). Dengan keberadaan instalasi tersebut, warga Desa Gombang yang sebelumnya harus menggunakan air yang keruh dan berkapur kini bisa menikmati air bersih.

Baca Juga

Kementerian Sosial melakukan survei untuk menentukan lokasi pemasangan instalasi pengolahan air terpadu di Desa Gombang. "Walaupun tim saya melaporkan bahwa lokasi penarikannya jauh, saya putuskan kita harus jalan terus. Kesulitannya tidak seberapa dibanding kebutuhan dan kebermanfaatan bagi masyarakat," kata Menteri Sosial.

Ia mengatakan bahwa instalasi pengolahan air terpadu sudah dipasang di Dusun Ketonggo dan Dusun Pakrandu di Desa Gombang. Dan selanjutnya akan dipasang di perdukuhan yang lain.

"Kebutuhannya sembilan perdukuhan, jadi masih kurang tujuh. Ke depan mudah-mudahan bisa kita realisasikan bersama yang kurang," katanya.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Non-Alam Kementerian Sosial Mira Riyati Kurniasih menyatakan bahwa instalasi pengolahan air terpadu setiap hari bisa menghasilkan air 12 ribu liter atau 600 galon, yang bisa dimanfaatkan warga desa secara gratis.

Instalasi pengolahan air bertenaga surya memiliki filter air berupa alat pemisah besi, kapur, lumpur, dan limbah yang lain. Serta pembasmi bakteri itu mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga.

"Khusus instalasi yang berada di Dusun Pakrandu, air bahkan dapat dimanfaatkan secara langsung untuk diminum tanpa perlu dimasak," kata Mira.

Menurut dia, sebanyak 90 keluarga sudah menikmati air bersih yang dihasilkan oleh instalasi pengolahan air yang dipasang di Desa Gombang. Selain menyediakan instalasi pengolah air, Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa 20 kambing dan bibit sorgum untuk mendukung upaya peningkatan ekonomi warga Desa Gombang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement