Rabu 23 Nov 2022 12:06 WIB

Maroko Vs Kroasia, Tantangan Pertama Sang Runner-Up

Kroasia memenangkan lima laga terakhir dan hanya sekali kalah dalam 16 bulan.

Para pemain Kroasia (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/ANTONIO BAT
Para pemain Kroasia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kroasia membuat kejutan dengan mencapai final Piala Dunia 2018. Namun pada partai puncak, Vatreni harus mengakui keunggulan Prancis. 

Dengan pencapaian tersebut, wajar jika Luka Modric dkk dijagokan dalam pertandingan pembuka di Piala Dunia 2022 melawan Maroko. Apalagi, Kroasia memenangkan lima pertandingan terakhirnya dan hanya sekali kalah dalam 16 bulan terakhir. Vatreni diperkirakan bisa mengatasi Maroko dalam laga pertama mereka di Grup yang berlangsung di Staion Al Bayt, Rabu (23/11/2022) pukul 17.00 WIB.

Baca Juga

Mereka memenangkan grup kualifikasi dengan hanya kebobolan empat gol dan menelan satu kekalahan yang terjadi dalam pertandingan pertamanya melawa Slovenia pada Maret 2021.

Mereka juga memuncaki grup UEFA Nations League di atas juara dunia Prancis, Denmark dan Austria, dan masuk arena dengan bekal menawan menang terus-terusan yang berpuncak pada kemenangan 1-0 atas Arab Saudi dalam pertandingan persahabatan terakhirnya.

Namun dengan sederet pilaryang makin menua, ditambah tim-tim lain juga berbenah, Kroasia tidak begitu dijagokan membuat kejutan seperti terjadi empat tahun silam. "Ini bagus. Kami mungkin tidak begitu tertekan karena kami sudah melakukan hal luar biasa di Rusia. Namun kami masih berharap ingin mencapai lebih banyak," kata penyerang Kroasia Andrej Kramaric seperti dikutip Reuters.

Kramaric kaget ternyata keadaan di Qatar berbeda dari yang diperkirakan mereka sebelumnya yang sempat khawatir bertanding singa hari pukul 13.00 waktu setempat di bawah sinar terik matahari. Ternyata, kondisi stadion tidak sepanas dikiranya setelah sistem pendingin udara yang dipasang Qatar membuat lapangan dan stadion menjadi nyaman.

Di sisi lain, sekalipun menantang lawan yang begitu tangguh dan memiliki kekuatan merata di semua lini, Maroko yakin bisa memenuhi ekspektasi semua orang di seluruh negeri dan bahkan di seluruh Afrika Utara.

"Kami anak-anak muda penuh ambisi yang ingin membuat hal-hal besar secara bersama dan mempersembahkan yang terbaik kepada negara kami," kata salah satu andalan Maroko, Achraf Hakimi.

Maroko diperkuat oleh legiun Eropa yang di dalamnya terdapat penjaga gawang Yassine Bounou dan Hakim Ziyech yang baru-baru ini kembali masuk skuad Maroko setelah menyatakan gantung sepatu awal tahun ini.

Mereka juga diperkuat Abderrazak Hamdallah yang menjadi salah satu striker favorit pendukung Maroko yang kembali masuk skuad setelah absen sejak 2019. 

Walid Regragui menjadi pelatih baru menggantikan Vahid Halilhodzic yang dipecat menjelang Piala Dunia Qatar akibat berseteru dengan sejumlah pemain. Ia membawa kembali sejumlah pemain yang sempat menjauh dan siap membuat kejutan seperti Arab Saudi yang menumbangkan Argentina 2-1. Ia ingin menginspirasi Afrika dan kekuatan sepak bola lainnya di luar kekuatan tradisional Eropa dan Amerika Selatan.

Prediksi line-up

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nicola Vlasic, Bruno Petkovic, Ivan Perisic

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Noussair Mazraoui; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Boufal

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement