Rabu 23 Nov 2022 11:39 WIB

Heru: Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Pengamanan Ibu Kota

Menurut Pangdam Jaya, kerja sama antara lurah bersama TNI-Polri sangat diperlukan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diapit Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto dan Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran.
Foto: Dok Heru Budi
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diapit Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto dan Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebutkan, tiga pilar sebagai ujung tombak pengamanan Ibu Kota. Selain lurah, kata dia, dua pilar lainnya adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

"Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, saya sampaikan tiga pilar adalah ujung tombak (pengamanan Ibu Kota)," kata Heru dalam apel pengamanan tiga pilar di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

Heru mengatakan, komunikasi antara tiga pilar tersebut menjadi sangat penting dalam menjalankan tugas menciptakan situasi yang aman dan damai bagi masyarakat. Karena itu, Heru berharap, apel pengamanan tersebut bisa membangun jaringan komunikasi antar lurah atau kepala desa dengan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Komunikasi yang baik di antara kita maka secara tidak langsung kita memberikan rasa aman kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan adanya rasa aman maka tumbuhlah kedamaian," ujar kepala sekretaris presiden (kasetpres) tersebut.

Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto mengatakan, kerja sama antara lurah atau kepala desa bersama TNI-Polri sangat diperlukan dalam menjaga situasi kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. "Kita akan menghadapi event-event ke depan, baik itu tahun politik maupun kegiatan-kegiatan lain, tentu saja kita dukung dengan memberikan rasa aman," ujar Untung.

Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran juga berharap, kegiatan tersebut bisa memberikan semangat kepada para petugas di lapangan dalam mengabdi dan melayani masyarakat. "Tentu kita perlu lebih dekat dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta lurah kita semangati, anak-anak di lapangan supaya tetap penuh dengan dedikasi yang tinggi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement