Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

PDIP: Puan Kemungkinan Tahu Capres yang Dikantongi Megawati

Selasa 22 Nov 2022 19:53 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ketua Bappilu PDIP sebut Puan kemungkinan tahu capres yang dikantongi Megawati.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ketua Bappilu PDIP sebut Puan kemungkinan tahu capres yang dikantongi Megawati.

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Bappilu PDIP sebut Puan kemungkinan tahu capres yang dikantongi Megawati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto menanggapi pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut bahwa Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama calon presiden (capres). Menurutnya itu mungkin saja, mengingat Puan adalah putri tunggal dari Megawati.

"Karena Mbak Puan putrinya Bu Mega mungkin-mungkin saja (tahu nama yang sudah dikantongi), cuma belum diumumkan. Kalau kau tanya kapan, ya lagi-lagi saya tidak tahu," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga

Ia juga tak mau menjawab pertanyaan soal sudah adanya kesepakatan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Megawati terkait capres. Pasalnya, ia tak mau berspekulasi soal hal tersebut.

"Nanti kau tulis Bu Mega dan Jokowi sudah sepakat, kan susah saya. Seolah Pacul tahu keduanya, itu namanya cari penyakit," ujar Bambang.

PDIP, jelas Bambang, masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan capresnya. Namun jika dianalogikan seperti Piala Dunia, PDIP adalah tim yang paling ditunggu ihwal keputusannya.

"Sebagaimana World Cup hari ini, sama juga ketika tim, kita selalu menunggu tim, kita selalu menunggu yang hadir kalau bicara Olimpiade, karena terbukti itu adalah tim yang kuat, wajar," ujar Bambang.

"Hari ini PDI Perjuangan kebetulan pemenang pada Pemilu 2019. Jadi kalau orang menunggu PDI Perjuangan misalnya, wajar. Bambang Pacul juga nunggu, ya nunggu, tapi kan kita juga tunggu perintah," sambung Ketua Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani meminta agar para kader sabar menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pemilu mendatang. Hal tersebut disampaikan Puan usai makan bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Senin (21/11/2022).

Ketika disinggung soal balon pilpres 2024 mendatang dari PDIP, Puan mengatakan bahwa ketua umum sudah mengantongi namanya. Namun, hanya menunggu momen yang pas untuk mengumumkan.

"Pastilah ketua umum sudah mengantongi nama, PDIP partai yang siap kadernya. Ini masalahnya adalah saya melihatnya timing ketua umum. Boleh saja, kapan akan memutuskannya itu dilihat dari dinamika yang ada di lapangan. Apakah konsolidasi siap dilakukan, bagaimana dinamika tahun 2023 ekonomi yang katanya akan resesi dan lain-lain, kan pilpres masih 2024," tegasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA