Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Baznas Resmikan Rumah Sehat Baznas Brebes Layani Kesehatan Warga Miskin

Selasa 22 Nov 2022 17:43 WIB

Red: Christiyaningsih

Rumah Sehat Baznas Brebes memberi layanan kesehatan gratis untuk warga miskin.

Rumah Sehat Baznas Brebes memberi layanan kesehatan gratis untuk warga miskin.

Foto: Baznas
Rumah Sehat Baznas Brebes memberi layanan kesehatan gratis untuk warga miskin

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan Rumah Sehat Baznas (RSB) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2022). Rumah Sehat Baznas yang berlokasi di Jalan Proklamasi No 75, Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes itu didirikan guna mendukung akses kesehatan gratis untuk kalangan warga tidak mampu (dhuafa).

Rumah Sehat Baznas ini akan dikelola secara profesional dengan melibatkan tenaga-tenaga medis yang kompeten dan berkualitas. Simbolisasi peresmian Rumah Sehat Baznas Brebes turut dihadiri Ketua Baznas Noor Achmad, Bupati Brebes Idza Priyanti, dan seluruh jajaran terkait. 

Baca Juga

"Rumah Sehat Baznas dibangun atas dasar kepedulian Baznas dan muzaki untuk mendukung kesehatan para masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan," kata Noor.

Menurut Noor, Rumah Sehat Baznas adalah salah satu program unggulan Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang salah satu tugasnya adalah memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. "Menjadi salah satu dalam delapan Program Prioritas Nasional di tahun 2023, RSB ini akan dipadukan dengan program pengentasan kemiskinan lain yang digulirkan Baznas, berbekal dari zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang disalurkan masyarakat melalui Baznas," ucapnya.

Rumah Sehat Baznas Brebes menjadi RSB kedelapan yang dibangun Baznas RI, setelah sebelumnya telah berdiri RSB di Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar, Parigi Moutong, Pangkalpinang, dan Palu. Sementara itu, masih ada enam RSB lagi yang sedang dalam tahap pembangunan di Berau, Sragen, Bima, Batam, Medan, dan Cirebon. 

"Saat ini juga masih ada 29 lokasi RSB lain yang dalam tahap pengajuan di berbagai daerah," kata Noor.

Bupati Brebes Idza Priyanti menyambut baik berdirinya Rumah Sehat Baznas Brebes yang menurutnya sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat miskin di Brebes. Hal ini pun sejalan dengan upaya Pemkab Brebes yang terus menyejahterakan masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik kepada warganya, termasuk dari sisi kesehatan.

"Terima kasih kepada Baznas RI dan muzaki yang telah peduli kepada kesejahteraan masyarakat di Brebes. Saya yakin Rumah Sehat Baznas Brebes dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan di sini dan memberi banyak manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Idza.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA