Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Anggota Forum Zakat Sediakan Layanan Ambulans Gratis untuk Korban Gempa Cianjur

Selasa 22 Nov 2022 17:09 WIB

Red: Christiyaningsih

Sudah ada 47 lembaga anggota Forum Zakat yang turun ke lokasi bencana di Cianjur.

Sudah ada 47 lembaga anggota Forum Zakat yang turun ke lokasi bencana di Cianjur.

Foto: Forum Zakat
Sudah ada 47 lembaga anggota Forum Zakat yang turun ke lokasi bencana di Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR - Orgaisasi Pengelola Zakat anggota Forum Zakat menyediakan 31 unit ambulans gratis untuk penanganan korban bencana gempa bumi bermagnitudo 5,6 yang terjadi Senin (21/11/2022) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

“Anggota Forum Zakat langsung bergerak ke berbagai titik lokasi terdampak gempa dengan terus melakukan koordinasi cepat dan evakuasi di titik-titik banjir. Kami juga merilis kontak ambulan agar bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkan,” kata Ketua Bidang Kerja Sama dan Sinergi, Zainal Abidin. 

Baca Juga

Warga Cianjur yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan terus bertambah. Sementara untuk pengungsi mencapai 7.060 jiwa yang tersebar di beberapa titik. Selain itu, tercatat sebanyak 3.075 rumah rusak ringan, 33 unit rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat.

Saat ini, menurut Zainal, sudah ada 47 lembaga anggota Forum Zakat yang turun ke lokasi bencana. “Dalam proses penanganan ini, kami terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat baik terkait dengan pendataan jumlah korban jiwa juga kebutuhan mendesak agar tidak terjadi penumpukan bantuan sehingga bantuan tersebar merata,” lanjut Zainal. 

Kebutuhan yang mendesak meliputi ambulans dan layanan medis, emergency shelter kit (tenda, terpal, selimut, alas tidur, sarung, alat penerangan), obat-obatan, makanan siap saji, dan air mineral. ”Kami berharap doa dari masyarakat semoga tak ada bencana susulan, sehingga baik warga Cianjur maupun relawan yang bertugas selamat dan bisa segera fokus pada tahap recovery,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA