Advertisement

Tim DMC Dompet Dhuafa Terus Sisir Penyintas di Kegelapan Malam

Selasa 22 Nov 2022 13:36 WIB

Red: Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR, JAWA BARAT –  Hingga malam ini tim DMC Dompet Dhuafa bersama sejumlah regu relawan lainnya terus mensisir sejumlah wilayah yang terdapat sejumlah penyintas gempa membutuhkan pertolongan. Banyak dari penyintas mengalami patah tulang akibat tertimpa bangunan yang sebagian sudah roboh akibat gempa siang tadi (Senin, 21/11/2022).

“Dibantu relawan dari Respon Darurat Kesehatan (RDK) LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma) Dompet Dhuafa, malam ini dari Puskesmas Cijedil membantu penyintas patah tulang untuk dapat dirujuk ke Rumah Sakit sebagai tindakan lebih lanjut. Para penyintas akibat dari Gempa di Cianjur merupakan anak-anak,” ujar dr. Aqila selaku Penanggung Jawab RDK LKC Dompet Dhuafa.

Di sisi lain tim Dai Cordofa melalui Ustaz Awang Risuha, “Kami terus menyisir sejumlah wilayah yang terdampak gempa, seperti di Desa Cikondang, Cibeber, dan Cugenang karena diperkirakan masih terdapat penyintas yang kesulitan untuk dievakuasi dengan kondisi direruntuhan puing-puing bangunan”.

Hingga malam ini melalui data yang dihimpun oleh BPBD Kabupaten Cianjur terdapat 162 orang meninggal dunia dan mayoritas adalah anak-anak,  sementara untuk luka-luka 326 orang. Disisi lain sebanyak 13.784 orang mengungsi.  Dalam gempa ini juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan, total rumah dan bangunan lain mencapai 2.345 unit .

Para penyintas hingga malam ini membutuhkan tenda, alat penerangan, makanan siap saji dan velbed. Dompet Dhuafa mengajak berbagai para pihak untuk bersama-sama, berkolaboraksi dalam aksi kemanusiaan sehingga dapat meringankan para penyintas gempa di Cianjur, Jawa Barat. Tim DMC Dompet Dhuafa mengerahkan 15 personil, 3 Ambulance, 2 kendaraan taktis hingga 2 unit kendaraan motor

Sumber : Dok Dompet Dhuafa
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA