Selasa 22 Nov 2022 12:32 WIB

Denmark Vs Tunisia, Menanti Sihir Eriksen

Eriksen menjadi otak dan sumber kreativitas serangan Denmark.

Christian Eriksen dari Denmark.
Foto: AP/Ian Walton
Christian Eriksen dari Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Denmark yang menjadi salah satu kuda hitam Piala Dunia Qatar akan menjajal Tunisia yang tak pernah lolos fase grup dari lima Piala Dunia yang diikutinya sebelum ini. Untuk memastikan hasil terbaik dalam pertandingan pertamanya pada Grup D, Denmark akan mengandalkan playmaker Christian Eriksen, yang menderita serangan jantung pada pertandingan pembuka Euro 2020 melawan Finlandia.

Setelah kembali masuk timnas Denmark, Eriksen langsung menggebrak dengan mencetak gol dan membantu Dinamit Denmark mengendalikan permainan saat melawan Belanda di Amsterdam beberapa waktu lalu. "Sejak itu, dia menjadi semakin baik saja," kata pelatih Denmark Kasper Hjulmand kepada Reuters baru-baru ini.

Baca Juga

Playmaker berusia 30 tahun itu sudah sepenuhnya bugar dan sudah siap memimpin Denmark menciptakan kejutan besar dalam turnamen di Qatar ini. Dia pemain Denmark yang paling penting saat ini.

Sebaliknya Tunisia kesulitan keluar dari kebiasaan tidak lolos dari fase grup dan ini bisa menciptakan mereka gugup sejak awal, antara keinginan menghapus catatan itu, dengan keinginan mengalahkan Denmark yang adalah tim tangguh dengan rencana bermain yang tidak tepat.

Tunisia juga selama ini tak terlalu istimewa tetapi tetap bisa mengejutkan Denmark. Apalagi empat tahun lalu pada Piala Dunia 2018 mereka hampir menahan Inggris tanpa gol. Sampai Harry Kane mencetak gol pada menit ke-91 untuk membawa Inggris menang tipis saat itu.

Namun mereka jelas harus ekstrawaspada terhadap setiap manuver Eriksen. Ia tidak saja otak dan sumber kreativitas di tingkat klub, melainkan juga bersama timnas Denmark. Pemain ini pula yang selalu mendapatkan perhatian lebih karena dia lah yang lebih bisa menciptakan perbedaan saat tim mana pun yang dia perkuat menghadapi kesulitan menundukkan lawannya.

"Dia adalah ritme, dia adalah jantung tim kami, denyut nadi permainan kami. Dia pemain sepak bola yang luar biasa," kata Hjulmand tentang Eriksen. Omongan kini jelas menjadi pemicu bagi Tunisia untuk menjinakkan gelandang Manchester United tersebut.

Prediksi line-up

Denmark (4-3-3): Kasper Schmeichel; Simon Kjaer, Joakim Maehle, Andreas Christensen, Daniel Wass; Thomas Delaney, Christian Eriksen, Pierre-Emile Hojbjerg; Andreas Skov Olsen, Kasper Dolberg, Mikkel Damsgaard

Tunisia (4-3-3): Aymen Dahmen; Dylan Bronn, Mohamed Drager, Montassar Talbi, Ali Abdi; Elyas Skhiri, Aissa Laidouni, Ghaylane Chaalali; Anis Ben Slimane, Wahbi Khazri, Youssef Msakni

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement