Selasa 22 Nov 2022 04:03 WIB

Livescore Piala Dunia; Bale Selamatkan Wales dari Kekalahan Atas Amerika Serikat

Wales tahan imbang Amerika Serikat dengan skor 1-1

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
Pemain Amerika Serikat Christian Pulisic (kanan) mencoba melewati pemain Wales Gareth Bale (kiri) pada pertandingan fase Grup B Piala Dunia Qatar 2022 di Stadio Ahmad bin Ali, Doha, Qatar, Selasa (22/11) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE
Pemain Amerika Serikat Christian Pulisic (kanan) mencoba melewati pemain Wales Gareth Bale (kiri) pada pertandingan fase Grup B Piala Dunia Qatar 2022 di Stadio Ahmad bin Ali, Doha, Qatar, Selasa (22/11) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amerika Serikat ditahan imbang Wales pada matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium pada Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. Wales yang sempat tertinggal di babak pertama berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan dari penalti Bale.

Di menit ke-9 Amerika mendapat peluang pertama saat Timothy Weah melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti dari sisi kanan. Rodon hampir melakukan bunuh diri mencoba menanduk bola dari Weah, beruntung bola masih berhasil ditepis oleh kiper. 

Baca Juga

Sejurus kemudian, Sargent menindaklanjuti bola rebound. Dia melepaskan tembakan langsung dari sisi kanan tapi hanya membentur bagian luar tiang. Ini menjadi pertanda bagus bagi Amerika Serikat sejauh ini setelah berhasil menjaga penguasaan bola lebih banyak. 

Dua kartu kuning telah dikeluarkan oleh wasit dalam 15 menit. Masing-masing kepada Dest yang memberikan tantangan yang terlalu bersemangat kepada Williams di pinggir lapangan pada menit ke-13. Kemudian McKennie menyusul, juga untuk pelanggaran yang dilakukan kepada Williams dua menit kemudian.

Amerika terus mencoba menekan pertahanan Wales. Tapi koordinasi pertahanan Wales bekerja dengan baik untuk membendung gempuran tersebut. Terdapat 5-7 pemain bekerja di sepertiga terakhir Wales dan mereka juga memberikan ancaman ke area pertahanan Amerika dengan serangan balik cepat. 

Weah akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-36. Penyerang berusia 22 tahun itu berhasil memaksimalkan umpan terobosan dari Christian Pulisic ke tengah kotak penalti. Sontekannya langsung mengarah ke gawang dan gagal diantisipasi oleh Hennessey. Skor 1-0 untuk Amerika. 

Di menit ke-40 Bale dihadiahi kartu kuning oleh wasit karena tekelnya menghentikan upaya serangan balik dari Amerika. Wales sejauh ini kesulitan untuk menciptakan peluang ke gawang Amerika. Mereka bahkan kesulitan untuk keluar dari tekanan Amerika. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Amerika 1-0 atas Wales.

Di babak kedua, Wales berusaha bangkit. Tak diragukan lagi perubahan pendekatan dari Wales telah memberi Amerika lebih banyak untuk berpikir tentang pertahanan mereka, dan sebagai konsekuensinya, lini pertahanan mereka yang sangat tinggi di babak pertama telah turun secara signifikan.

Di menit ke-59, umpan silang berbahaya dari kanan oleh Roberts hanya melebar dari tiang jauh, itu berada di luar jangkauan Bale yang telah mengintai di dekatnya. Skuad Amerika mulai terlihat tidak nyaman menghadapi gempuran dari lawan mereka dan memaksa mereka untuk bermain di sepertiga akhir pertahanan. 

Setelah menggempur pertahanan Amerika hampir di sepanjang babak kedua, Wales akhirnya mendapatkan peluang ke gawang di menit ke-64 saat Zimmerman dan Adams keduanya gagal membersihkan bola dari area berbahaya. Bale kemudian memberikan umpan kepada Davies yang menyambut dengan sundulan terbang tapi refleks Turner sangat bagus untuk menepis bola keluar.

Dari situasi tendangan sudut, Moore hampir menyamakan kedudukan untuk Wales saat sundulannya hanya melintas tipis di atas mistar gawang. Wales akhirnya mendapatkan keuntungan dari hadiah penalti setelah pelanggaran Zimmerman terhadap Bale di menit ke-81. Bale berhasil menyelesaikan tugas dari titik putih untuk merubah skor menjadi 1-1.

Wales hampir menyamakan kedudukan di menit ke-89. Itu terjadi saat Wales melancarkan serangan balik cepat, dengan umpan backhill dari Moore kepada Brennan Johnson berhasil menembus pertahanan Amerika. Namun tembakan Johnson dari sisi kanan ke tiang dekat berhasil diamankan oleh kiper.  Skor bertahan 1-1.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Amerika Serikat (4-3-3):

Matt Turner; Antonee Robinson, Walker Zimmerman, Tim Ream, Sergino Dest; Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie; Josh Sargent, Timothy Weah, Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter

Wales (3-4-3):

Wayne Hennessey; Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham; Neco Williams, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Connor Roberts; Daniel James, Gareth Bale, Harry Wilson 

Pelatih: Rob Page

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement