Selasa 22 Nov 2022 01:06 WIB

Livescore Piala Dunia; Belanda Kalahkan Senegal dengan Skor 2-0

Belanda mengakhiri perlawanan sengit Senegal dengan skor 2-0

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
 Iliman Ndiaye dari Senegal (kiri) dan Frankie de Jong dari Belanda berlari mengejar bola pada pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama, di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.
Foto: AP/Ebrahim Noroozi
Iliman Ndiaye dari Senegal (kiri) dan Frankie de Jong dari Belanda berlari mengejar bola pada pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama, di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda berhasil mengamankan kemenangan 2-0 menghadapi Senegal pada matchday pertama Grup A Piala Dunia di Al Thumama Stadium, Senin (21/11/2022) malam WIB. 

Ini adalah pertemuan pertama antara Senegal dan Belanda. Sebelumnya, Belanda tidak terkalahkan melawan tim Afrika di Piala Dunia, sedangkan Senegal belum pernah merasakan kekalahan saat menghadapi tim Eropa di fase kompetisi ini.

Baca Juga

Kedua tim bermain sama kuat sejak pertandingan dimulai. Belanda menjadi yang pertama mencoba mengancam gawang Senegal. Salah satunya terjadi di menit ke-4 saat Gakpo mencoba memberikan umpan tarik kepada Bergwijn di kotak penalti, tapi upaya tersebut berhasil dipotong oleh pemain belakang Senegal.

Empat menit kemudian, Diallo melepaskan umpan silang ke tiang jauh, tapi Cisse datang terlambat gagal menggapai bola dengan kaki kirinya. Sejurus kemudian, bola dimiliki Sarr, yang langsung mencoba peruntungannya dari tembakan dari tepi kotak dan tapi upayanya hanya melintas di atas mistar gawang.

Di menit ke-19 Belanda kehilangan peluang emas mereka saat Bergwijn lolos dari penjagaan bek saat melancarkan serangan balik. Dia mengoper ke kiri ke De Jong, yang memiliki waktu dan ruang untuk menembak di kotak penalti, tetapi ia terlalu banyak melakukan sentuhan yang membuatnya kehilangan momentum dan bola segera disapu oleh pemain Senegal. 

Enam menit kemudian giliran Senegal yang menciptakan peluang. Itu terjadi saat Sarr menerima umpan silang dan dengan luar biasa mengalahkan Dumfries. Dia kemudian melangkah ke dalam dan melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh, namun upaya itu berhasil diblokir oleh kepala Van Dijk untuk menghasilkan sepak pojok bagi Senegal.

De Jong melakukan blunder di area pertahanan sendiri di menit ke-29 saat operannya yang telalu lemah dipotong oleh Gueye di area kotak penalti. Pemain itu langsung mencoba melepaskan tembakan, tapi kedua upayanya berhasil diblokir dan De Jong berhasil menyapu bahaya tersebut.

Sabaly melakukan percobaan dengan tembakan jarak jauh di menit ke-33 tapi itu terlalu lemah sehingga Noppert bisa menyelamatkan dengan mudah. Kedua tim saling jual beli serangan di waktu yang tersisa dan tendangan Sabaly menjadi satu-satunya tembakan tepat sasaran ketika babak pertama berakhir dengan skor kacamata. 

Di babak kedua, Belanda menciptakan peluang pertama mereka di menit ke-53. Peluang itu berasal dari tendangan sudut Gakpo yang disambut oleh Van Dijk di tiang depan dengan tandukannya. Tapi upaya tersebut masih belum tepat sasaran. Bola hanya melintas di atas mistar gawang Mendy.

Tiga menit kemudian, giliran Senagal yang mengancam. Kali ini percobaan dilakukan oleh Sabaly saat menerima bola liar di area pertahanan Belanda. Ia merangsek ke depan sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi berhasil diblokir oleh Ake di kotak penalti dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Senegal.

Di menit ke-60 Belanda membalas. Bola liar di area kotak penalti berhasil direbut De Jong yang kemudian memberikan kepada Berghuis. Dia melangkah melewati lawannya dan menembak dari tepi area penalti, tapi tembakan kaki kirinya bisa diblok oleh Sabaly.

Lima menit kemudian, Senegal berhasil melesatkan tembakan ke gawang dan ini menjadi penyelamatan penting pertama dalam pertandingan ini. Tembakan dilepaskan Nampalys Mendy dari sisi kanan kotak ke tiang dekat. Tapi Noppert berhasil melakukan penyelamatan penting dan menghasilkan tendangan sudut bagi Senegal. 

Di menit ke-73, Sarr berhasil mengacak-acak pertahanan Belanda sebelum melepaskan umpan ke tengah tempat dimana Idrissa Gueye berada. Setelah melakukan sentuhan pertama Gueye langsung melepaskan keras dari tengah kotak penalti, tapi tendanhan yang gagal diblokir bek berhasil ditepis Noppert. 

Di menit ke-83 Belanda akhirnya memecah kebuntuan. Gakpo berhasil memaksimalkan umpan manis dari De Jong ke tengah kotak penalti. Tandukan Gakpo memenangkan duel udara dengan kiper, Mendy. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Belanda.

Sejurus kemudian, Senegal berusaha membalas. Upaya tendangan dari luar kotak dilakukan oleh Pape Gueye. Tapi tendangan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang berhasil ditepis oleh Noppert. 

Belanda berhasil menggandakan keunggulan melalui serangan balik di menit ke-90+7. Depay berhasil mendapat ruang tembak ke gawang tapi upayanya berhasil ditepis. Kalaasen menyambut bola rebound dan menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Susunan pemain kedua tim:

Senegal (4-3-3):

Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo; Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Krepin Diatta.

Pelatih: Aliou Cisse

Belanda (5-2-3):

Andries Noppert; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind; Frenkie de Jong, Steven Berghuis; Cody Gakpo, Vincent Janssen, Steven Bergwijn.

Pelatih: Louis Van Gaal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement