Senin 21 Nov 2022 21:03 WIB

Baznas Bantu Bangkitkan Pelaku UMKM di Demak Melalui Program Zmart

Program Zmart telah diinisiasi sejak tahun 2018 sudah berhasil membina 1.766 mustahik

Baznas menyalurkan bantuan program paket Zmart di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).
Foto: Baznas
Baznas menyalurkan bantuan program paket Zmart di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan program paket Zmart di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). Sebanyak 55 warung akan menjadi penerima manfaat kali ini, yang tersebar di lima kecamatan yaitu Kecamatan Demak Kota, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Bonang, dan Kecamatan Wedung.

Program Zmart merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. Bantuan ini merupakan bagian dari 1.019 program Zmart tahap pertama yang disalurkan Baznas kepada 519 mustahik di 10 provinsi di Indonesia di tahun 2022. 

Baca Juga

Simbolisasi penyerahan bantuan dilakukan di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Senin (21/11/2022). Acara ini dihadiri Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, Ketua Baznas Kabupaten Demak Bambang Soesetiarto, dan Wakil Bupati Demak Ali Makhsun.

"Sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat, Baznas tak berhenti terus menginisiasi program-program unggulan produktif. Kali ini, bantuan program Zmart digulirkan di Jawa Tengah untuk memberi kesempatan kepada mustahik untuk mandiri secara ekonomi," kata Saidah Sakwan.

 

Menurut Saidah, tujuan dari pelaksanaan program Zmart adalah meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar ritel modern serta mengatasi kemiskinan. Program Zmart telah diinisiasi sejak tahun 2018 sudah berhasil membina 1.766 mustahik penerima program di 13 provinsi dan 34 kabupaten/kota. 

"Dalam program Zmart, Baznas akan memberikan bantuan modal kepada para mustahik juga bantuan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita semua dalam melaksanakan niat mulia bagi pelaku UMKM dan memberikan berkah untuk kita semua," kata Saidah. 

Wakil Bupati Demak Ali Makhsun mengapresiasi program produktif yang digulirkan Baznas di wilayah yang dipimpinnya itu. Menurutnya, program Zmart akan membantu program pengentasan kemiskinan yang digencarkan Pemkab Demak.

"Hal ini sejalan dengan program pengentasan kemiskinan di Demak. Semoga program ini diberi kelancaran, dan saya yakin program Baznas selalu tepat sasaran jatuh di tangan orang yang tepat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement